Trik Jalan Kaki Cepat untuk Bakar Kalori, Perut Auto Langsing

VIVA LIFESTYLE – Jalan kaki memang menjadi salah satu tren olahraga yang digemari banyak masyarakat Indonesia. Aktivitas fisik ini tidak banyak menguras kantong dan mudah dilakukan semua orang.

Apalagi jalan kaki efektif menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jalan kaki berkontribusi terhadap efek kesehatan pada jantung, membakar kalori dan membantu penurunan berat badan. 

Namun, tahukah Anda kalau ada banyak gerakan yang bisa dilakukan untuk membakar lebih banyak kalori saat berjalan kaki? Mengutip Times of India, berikut beberapa trik yang bisa Anda coba.

6 tips membakar lebih banyak kalori saat berlari

1. Kecepatan berjalan

Kecepatan berjalan mempengaruhi jumlah kalori yang terbakar. Jalan cepat melibatkan otot yang relatif lebih banyak dan secara otomatis menyebabkan detak jantung lebih cepat dibandingkan jalan santai.

Intensitas yang lebih tinggi akan meningkatkan metabolisme sehingga lebih banyak kalori yang dapat dibakar sepanjang hari. Caranya adalah dengan fokus mengayunkan lengan sambil bergerak perlahan dan cepat. Tanpa disadari, gerakan ini melibatkan otot inti untuk menopang postur tubuh.    2. Tambahkan kecepatan

Dengan memasukkan latihan interval dalam berjalan, lebih banyak kalori yang hilang. Latihan interval merupakan alternatif dari intensitas tinggi ke rendah. 

Misalnya berjalan kaki dengan kecepatan sedang selama lima menit. Kemudian tingkatkan kecepatan ke kecepatan tinggi selama 1-2 menit dan kembali ke kecepatan sedang lagi. Latihan interval sambil berjalan akan melatih sistem kardiovaskular.

3. Menjaga postur tubuh

Lalu, pertahankan posisi tubuh saat berjalan. Jalan kaki dengan postur tubuh yang benar dapat membakar kalori. Karena memerlukan koordinasi otot yang baik. 

Pertahankan posisi tubuh tegak, dengan bahu rileks dan pandangan diarahkan ke depan. Libatkan otot inti Anda untuk menstabilkan tubuh bagian atas sambil menopang punggung Anda.

4. Gunakan teknik berjalan yang benar

Ternyata jalan kaki merupakan salah satu teknik yang harus dikuasai agar bisa membakar lebih banyak lemak. Tempatkan tumit Anda terlebih dahulu, lalu bagian bawah kaki Anda hingga jari-jari kaki Anda berada pada posisi penuh. Setelah itu, ambil langkah mendorong tubuh Anda ke depan. 

Hindari membungkuk atau membungkuk terlalu jauh ke depan. Kondisi tubuh ini dapat menyebabkan ketegangan otot dan berkurangnya efisiensi berjalan.

5. Rute dan medan jalan yang berbeda

Untuk membakar lebih banyak kalori, kami menyarankan Anda untuk memilih rute yang berbeda. Dimulai dengan jalan datar, menanjak, lalu menurun. Tujuannya untuk melatih otot kaki terutama betis, paha belakang, dan bokong. Variasi medan juga diperlukan agar latihan jalan kaki Anda lebih menantang dan efektif.

Saat sudah masuk ke jalur teratas, kalian bisa sedikit mencondongkan tubuh ke depan sambil memutar lengan untuk memberikan gaya dorong. Ambil langkah-langkah kecil untuk menstabilkan kecepatan Anda dan mencegah tekanan lebih lanjut pada persendian Anda. Jalur menanjak ini diyakini mampu membakar lebih banyak kalori. 

6. Gunakan beban tambahan

Agar hasilnya maksimal, Anda bisa menambah beban ekstra saat berjalan. Misalnya saja membawa tas punggung yang ringan atau menggunakan gelang yang berat. Berat ekstra akan membuat otot Anda bekerja lebih keras dan membakar lebih banyak kalori.

Jalan kaki merupakan olahraga sederhana, namun sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dengan menerapkan trik di atas, Anda dapat membakar lebih banyak kalori dan mencapai tujuan kebugaran Anda. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, biasakan jalan kaki secara rutin!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *