Raih Emas Olimpiade, Veddriq Leonardo: Kado Buat Indonesia di Ulang Tahun ke-79

Paris, VIVA – Pemanjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo mempersembahkan medali emas yang diraihnya pada nomor lari cepat putra Olimpiade Paris 2024 sebagai kado HUT ke-79 Republik Indonesia.

Medali emas yang diraih Veddriq merupakan emas pertama bagi Indonesia pada cabang olahraga di luar bulu tangkis. Sekaligus menjadi medali pertama sejak nomor kecepatan yang diperebutkan secara individu dalam sejarah Olimpiade.

“Senang sekali Alhamdulillah, terima kasih masyarakat Indonesia. Olahraga ini tergolong baru tapi mendapat kepercayaan dan bisa dibuktikan dengan meraih emas. Saya bersyukur atas prestasi ini dan saya bangga dengan prestasi ini,” kata Veddriq dalam keterangan resmi NOC. . Indonesia diterima VIVA Jumat 9 Agustus 2024.

Medali emas ini merupakan sebuah berkah dan ini juga merupakan hasil kerja keras, usaha, dedikasi seluruh tim latihan, atlet, sahabat keluarga yang memberikan doa dan dukungannya. Ini juga menjadi kado bagi Indonesia di hari ulang tahunnya yang ke 79, lanjutnya. .

Langkah Veddriq di Site d’escalade du Bourget relatif mulus hingga bisa tampil sebagai juara. Sejak unggulan eliminasi hingga final, Veddriq belum pernah merasakan kekalahan. 

Di babak perempat final, Veddriq yang berhadapan dengan wakil tuan rumah Bassa Mawem berhasil meraih kemenangan. Veddriq mencatatkan waktu 4,88 detik, sedangkan Mawem 5,26 detik. 

Di babak semifinal, Veddriq bertemu Rezza Ali Pour yang juga menjadi lawannya di semifinal Asian Games 2022. Saat itu, pendaki asal Pontianak itu kalah dan meraih medali perunggu. 

Namun di Olimpiade Paris 2024, Veddriq mampu membalas kekalahannya. Ia berhasil mencatatkan waktu 4,78 detik dan Ali Pour 4,84 detik. 

Di babak final, Veddriq menghadapi wakil Tiongkok, Wu Peng. Keduanya bertemu di final kecil Asian Games Hangzhou 2022, di mana Veddriq menjadi juara dan membawa pulang medali perunggu. 

Di Paris, Veddriq kembali menunjukkan kelasnya di depan Wu Peng. Veddriq unggul 4,75 detik atau lebih cepat dari wakil China yang mencatatkan waktu 4,77 detik dan mengamankan medali emas pertama Tim Indonesia di Olimpiade Paris 2024. 

Pada nomor kecepatan putra, medali perunggu diraih oleh Sam Watson dari Amerika Serikat yang mengalahkan Ali Pour dengan catatan waktu 4,74 detik memperbaiki rekor dunianya sendiri yang sebelumnya 4,79 detik. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *