Maarten Paes Bisa Bela Timnas Indonesia di Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia

Kendal – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo optimistis Maarten Paes bisa mewakili Indonesia di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kemarin Pak Erick Thohir (Presiden PSSI) bilang Insya Allah Maarten Paes sudah bisa bermain di bulan September, kata Dito, Kendal, Jawa Tengah, YouTube tvOnenews, Selasa, 16 Juli 2024.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia akan bersaing dengan Timnas Jepang, Timnas Arab Saudi, Timnas Australia, Timnas Bahrain, dan Timnas China di Grup C babak kualifikasi Piala Dunia.

Babak ketiga ini akan memainkan sepuluh pertandingan antara 5 September 2024 hingga 10 Juni 2025 dengan format kandang dan tandang.

Timnas Indonesia akan membuka laga pada 5 September 2024 dengan lawatan ke Arab Saudi. Akan menerima Australia dalam 5 hari.

Kehadiran Maarten Paes sebagai tembok pertahanan terakhir Timnas Indonesia tentu sangat penting mengingat lawan di Grup C didominasi pemain reguler Piala Dunia.

Berdasarkan hasil babak ketiga, juara grup dan tim peringkat kedua akan lolos ke babak final Piala Dunia 2026. Sedangkan peringkat kelima dan keenam akan tersingkir.

Diakui Dito, saat ini PSSI masih memperjuangkan Maarten Paes di pengadilan. Ia menegaskan, masih terus memantau perkembangannya.

“PSSI sedang mengusahakannya sekarang, kita lihat perkembangannya,” kata Dito.

Maarten Paes tidak bisa mewakili timnas Indonesia karena berdasarkan aturan FIFA, pemain berusia 21 tahun ke atas tidak bisa bermain untuk negara lain jika ingin berpindah asosiasi.

Aturan ini melarang Paes bermain untuk tim nasional Belanda U-21 pada usia 22 tahun. Oleh karena itu, meskipun Paes sah menjadi warga negara Indonesia, namun ia tidak dapat membela warga negara Indonesia tersebut. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *