Alphard Sehari Rp25 Juta, Ini yang Bikin Harga Sewa Mobil Jadi Mahal di IKN

Jakarta, VIVA – Harga sewa mobil meroket sesaat menjelang HUT ke-79 Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2024 di ibu kota nusantara (IKN) Kalimantan Timur. Toyota Alphard menjadi yang termahal dengan nilai Rp 25 juta per hari.

Hal ini terjadi setelah pemerintah melalui Sekretariat Negara (Kemensenetneg) menyewakan hingga 1.000 kendaraan untuk pergerakan tamu negara dan key person (VVIP). Penyewaan dilakukan melalui Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Indonesia (Asperda).

Dengan adanya beberapa unit yang disewakan, Asperda Kaltim menyatakan setuju untuk berkoordinasi dengan DPP Asperda Indonesia. Kalau ada banyak mobil, kirim ke Kalimantan Timur.

Kendaraan tersebut dibawa dari Surabaya, Jakarta, Sidoarjo, Semarang, Solo, Makassar, Bali dan Palu dan sedang dalam perjalanan menuju Kalimantan Timur, kata Ketua Asperda Kalimantan Timur Damun Kiswanto seperti dikutip Antara, Selasa. Agustus 2024.

Dampaknya, impor suku cadang mobil dari negara di luar kawasan Kaltim, ongkos kirim mobil mencapai Rp 13 juta, lanjutnya, sehingga kenaikan harga sewa mobil tidak bisa dihindari.

Selain itu, terbatasnya jumlah rental mobil di Kaltim seiring dengan meningkatnya permintaan jelang Hari Kemerdekaan RI ke-79 di Nusantara, harga sewa mobil Kaltim mengalami kenaikan 100 persen dari harga pasaran sebelumnya.

Di sisi lain, peminatnya juga meningkat sebelum Agustus 2024. Rata-rata harga sewa Fortuner berkisar Rp 2,5 juta per hari dan saat ini Rp 5 juta per hari, lalu Hi-Ace Rp 3,5 juta per hari hingga Rp 15 juta per hari.

Bahkan untuk Alphard yang normalnya seharga Rp7 juta sehari, kini meroket hingga Rp25 juta sehari, jelas Kiswanto.

Sementara itu, Asperda Kalimantan Timur dan Kementerian Sekretariat Negara menandatangani nota kesepahaman pembelian 1.000 unit kendaraan untuk perayaan HUT Kemerdekaan. Dimana pembayaran di bawah 50 persen dibayarkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *