Diam-diam Yamaha Siapkan Motor Sport Listrik, Buat Jegal Kawasaki

VIVA-Yamaha merupakan salah satu pabrikan yang paling serius dalam mengembangkan sepeda motor listrik di pasar dunia untuk mencapai dekarbonisasi. Namun sayangnya hingga saat ini mobil listrik Yamaha belum dijual di Indonesia.

Sejak beberapa tahun lalu, Yamaha telah mengembangkan sejumlah model sepeda motor listrik, termasuk sepeda listrik dinamo.

Satu-satunya sepeda motor listrik yang ada di Indonesia yang menjadi sasaran penelitian tersebut adalah e-Vino yang diluncurkan pada tahun 2019, disusul Yamaha E01 pada tahun 2022, dan Yamaha Neo yang hadir pada tahun 2023.

Namun sejauh ini belum seluruh sepeda motor listrik matic terjual. Yamaha kemudian berinvestasi di World of River Limited, Inc. sebuah startup yang membuat skuter listrik di India.

Di beberapa negara, termasuk Jepang, merek garpu tala sudah menjual motor listrik matic, termasuk Neo. Konon, berdasarkan rekam jejaknya, Yamaha sangat serius dengan produk berbasis baterai ramah lingkungan.

Bahkan, belakangan banyak media internasional, melansir Bikeit.gr, Selasa 6 Agustus 2024, diam-diam Yamaha sedang menyiapkan motor sport listrik.

Berdasarkan sketsa, bodywork, fairing, dan tangki sekilas mirip produk KTM atau Ducati dengan sasis tubular. Suspensi depannya teleskopik dan memiliki tabung besar.

Kemudian bagian terakhir bergantung pada swingarm dengan monoshock yang ditempatkan secara horizontal. Untuk menyalurkan tenaga dari motor, penggeraknya mengandalkan gas dan dikatakan menggunakan vanblet atau rantai.

Pada segmen ini, velg dibalut dengan ban yang cukup besar, dan rem cakram depan memiliki ukuran cakram besar, serta dua piston.

Di balik casing yang tertutup rapat terdapat baterai besar yang disusun dalam empat bagian. Belum tersedia informasi teknis lengkapnya, namun jika dilihat dari desainnya, motor listrik Yamaha bisa jadi menjadi pesaing Kawasaki Ninja 1 yang sudah dijual di Jepang atau Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *