Mengejutkan Sewa Mobil di IKN Biayanya Segini, Alphard Paling Mahal

VIVA – Pemerintah akan merayakan Hari Lahir Negara Republik Indonesia atau HUT pada 17 Agustus 2024 di ibu kota nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Ratusan kendaraan disiapkan untuk mobilitas tamu negara selama acara berlangsung.

Mobil yang disediakan bermacam-macam modelnya, dan bukan didatangkan dari Jakarta, melainkan disewa dari sejumlah perusahaan rental yang tergabung dalam Asosiasi Persewaan Mobil Daerah Indonesia (Eperda).

Soal harga sewa mobil sepertinya lebih mahal dari kondisi normal, apalagi karena ada acara kenegaraan di IKN pada bulan ini. Faktor lainnya adalah ketersediaan unit yang terbatas, tidak sesuai kebutuhan.

Harga sewa normal Fortuner Rp 2,5 juta sampai Rp 5 juta, Hi-Ace 3,5 juta Rp 15 juta, Alphard normal juga Rp 7 juta sampai Rp 75 juta, kata Ketua DPD Esperada Kaltim. , oleh Damun Kiswanto, dikutip Intranews, Senin 5 Agustus 2024.

Saking banyaknya permintaan mobil untuk acara di IKN saat HUT Kemerdekaan RI, Denman harus mencarinya di lokasi lain di luar wilayah Kaltim. Lantas, berapa jumlah mobil negara yang disewa?

Melalui kesepakatan atau MoU (Memorandum of Understanding) yang ditandatangani Danum melalui Sekretariat Presiden, ada ratusan unit kebutuhan tamu negara dan VVIP yang hadir.

“Dari MoU ada permintaan 100 unit, dan mereka membayar 50 persen dari DP atau nilai kontrak,” ujarnya.

Soal tambahan unit untuk memenuhi kebutuhan negara, ia mendatangkannya dari beberapa daerah di Pulau Jawa, Bali, dan Sulawesi. Semua unit ini sudah dalam perjalanan ke Kalimantan Timur.

“Unitnya didatangkan dari Subaya, Jakarta, Sidorjo, Semarang, Solo, Makassar, Bali, dan Palu dan akan menuju Kalimantan Timur,” ujarnya.

Maka tidak heran jika harga sewa lebih mahal dibandingkan keadaan normal, karena ada biaya yang harus dikeluarkan untuk membawa mobil ke IKN. Menurut Danum, ongkos kirim satu mobil sekitar Rp 13 juta.

Menariknya, mobil-mobil yang didaftarkan Danum semuanya merupakan besutan Toyota, seperti Fortuner sebagai SUV bermesin diesel, minibus Hi-S yang mampu mengangkut lebih dari 10 orang, dan Alphard di segmen MPV premium. . Dengan mesin 2.500cc, dan model terbaru tersedia dalam varian hybrid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *