Helikopter Tempur Chinook Milik Angkatan Bersenjata Amerika Serikat Masuk Indonesia, Ada Apa?

Banyuwangi, VIVA – Latihan militer internasional, Super Garuda Shield (SGS) 2024 akan segera dimulai. Beberapa peralatan militer Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army) sudah mulai masuk ke Indonesia.

Seperti dilansir VIVA Soja melalui publikasi Puspen TNI, Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army) telah mengirimkan beberapa senjata (Alutsista) yang akan digunakan pada Super Garuda Shield (SGS) kerjasama militer tahun 2024. latihan di Training Area Banyuwangi, Jawa Timur. 

Sejumlah besar alutsista militer AS, seperti kendaraan militer AS, kapal perang Chinook, dan helikopter militer AS tiba di Dermaga Tanjung Wangi, Banyuwangi, pada Senin, 12 Agustus 2024. menghalangi pasukan Amerika masuk ke Indonesia melalui kapal angkutnya yang berbendera Amerika. MV Tanjung Husdon.  

Direktur TNI (Danlanal) Marinir Banyuwangi Letkol Laut (P) Hafidz mengatakan, latihan SGS yang digelar Agustus hingga awal September ini merupakan latihan militer yang kerap dilakukan TNI setiap tahunnya. dengan kerjasama Angkatan Darat Amerika Serikat dan integrasi pasukan serta alutsista dari negara sahabat lainnya. 

Danlanal Banyuwangi menambahkan, TNI Angkatan Darat khususnya Lanal Banyuwangi siap mengirimkan pasukan dan peralatan keamanannya untuk mendukung dan menyukseskan koalisi yang akan digelar di perairan Lanal Banyuwangi.

“Guna meningkatkan keselamatan dan keamanan alutsista AS, sesuai kebijakan presiden, kami mengirimkan TNI Lanal Banyuwangi beserta Patroli Keamanan Laut (Patkamla) lainnya KAL Rajegwesi II-5-40, KAL Sembulungan II – 5 -42, RHIB dan RBB “untuk memberikan pengamanan di kawasan Dermaga Tanjung Wangi mulai H-1 hingga akhir operasi,” kata Danlanal Banyuwangi Letda Kanal Laut (P) Hafidz.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *