Tak Bisa Sembarangan, Ini Cara Benar Pakai Sabuk Pengaman Saat Berkendara

JAKARTA, VIVA – Keselamatan berkendara merupakan aspek penting yang tidak boleh diabaikan, dan salah satu cara efektifnya adalah dengan mengenakan sabuk pengaman.

Sabuk pengaman dirancang untuk mengurangi risiko kecelakaan dengan menjaga tubuh tetap pada posisinya.

Raymond Muldhany selaku After Sales Manager PT Gowa Modern Motor (Hyundai Gowa) mengatakan, sangatlah mudah bagi pengemudi dan penumpang untuk menggunakan sabuk pengaman dengan benar untuk menjamin keselamatan berkendara.

Sehingga jika terjadi tabrakan, risiko cedera dapat dikurangi, ujarnya, mengutip keterangan resmi VIVA.

Sayangnya, sebagian orang tidak terlalu peduli. Menurut Raymond, ada baiknya pengemudi dan penumpang memasang sabuk pengaman dengan benar.

“Pasang sabuk pengaman serendah mungkin di pinggul, bukan di pinggang,” ujarnya.

Pada saat yang sama, Raymond mengatakan hal itu memungkinkan tulang belakang yang kaku menyerap kekuatan benturan, sehingga mengurangi risiko cedera internal.

Lalu hal berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah meletakkan salah satu tangan Anda pada sabuk pengaman di bawah sabuk pengaman.

“Selalu jaga ketinggian sabuk pengaman dengan posisi tertutup. Jangan sekali-kali memasang sabuk pengaman di leher atau wajah,” ujarnya.

Untuk informasi Anda; Fitur pre-tensioner yang terdapat pada sabuk pengaman saat ini dapat memberikan perlindungan tambahan kepada pengemudi dan penumpang jika terjadi kecelakaan.

Risiko terjadinya kecelakaan dapat dikurangi dengan mengencangkan sabuk pengaman agar tubuh tetap pada posisi aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *