Negara ASEAN yang Lagi ‘Gacor’ di Olimpiade Paris Bukan Cuma Indonesia

Jakarta, VIVA – Indonesia berhasil mencatatkan rekor terbaik sepanjang sejarah keikutsertaan Olimpiade. Kontingen Merah Putih berhasil meraih dua medali emas dan satu medali perunggu di Olimpiade Paris 2024.

Veddrick Leonardo meraih medali emas putra untuk speed climbing. Sumbangan lain dari Rizki Yuniansyah yang menjadi juara pada kategori 73kg putra.

Gregoria Mariska Tunjung merupakan peraih medali pertama Indonesia di Olimpiade Paris 2024 yang menjadi juara tunggal putri bulu tangkis.

Ini kali kedua Indonesia meraih dua medali emas dalam satu Olimpiade. Untuk pertama kalinya, prestasi ini dicatat di Olimpiade Barcelona pada tahun 1992.

Suzy Susanti meraih medali emas di sektor tunggal putri bulu tangkis. Alan Budikusuma kemudian bersinar di tunggal putra.

Pada pertandingan tersebut, Indonesia menjadi peraih medali terbanyak saat mengikuti Olimpiade. Sebab, ada tambahan dua perak dan satu perunggu.

Menariknya, seluruh medali tersebut disumbangkan dari bulutangkis. Medali perak Ardi Wiranata (tunggal putra) dan Eddie Hartono/Rudy Gunava (ganda putra). Sedangkan perunggu untuk Hermawan Susanto (putra tunggal).

Meraih dua medali emas Olimpiade Paris 2024 mendapat sambutan tersendiri dari masyarakat Indonesia. Kebanggaan itu terlihat dari postingan media sosialnya.

Ternyata bukan satu-satunya negara Asia Tenggara yang bergembira di Olimpiade Paris 2024. Ada pula Filipina yang kini tengah merayakan dua medali emas dan dua perak.

Ini merupakan pertama kalinya Filipina meraih dua medali emas dalam satu Olimpiade. Keduanya dibantu oleh Carlos Yulo yang tampil apik di lantai dan vault putra.

Dua medali perunggu Filipina berikutnya datang dari tinju: Aira Villegas (lalat putri) dan Nesty Petitio (kelas bulu putri).

Prestasi tersebut melampaui rekor sebelumnya di Olimpiade Tokyo 2020 saat itu, kontingen Filipina berhasil membawa pulang satu medali emas, dua perak, dan satu perunggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *