Selam Sumut Target 2 Medali PON 2024, Persaingan Diprediksi Pulau Jawa Plus Bali

Medan, VIVA – Pengurus Daerah (Pengprov) Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Sumatera Utara (Sumut) mencanangkan misi menargetkan dua medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Sumut Aceh.

Ketua Pengprov POSSI Sumut, Dr. Donny Setha, ST, SH melalui Sekjen Zunaidi Iskandar Warinangin mengatakan, tujuan yang telah ditetapkan diharapkan dapat dicapai oleh para atlet. PON 2024, cabang olahraga renang ini akan mempertandingkan 25 nomor.

“Dari segi gol, dari loncat indah kita bidik dua gol nanti di PON. Mudah-mudahan bisa terlaksana dan dipersembahkan oleh para atlet laut dan renang,” kata Zunaidi, Senin, 12 Agustus 2024.

Nomor yang dipertandingkan meliputi nomor renang, mcorse (putra dan putri), five point corse (putra dan putri), renang/renang (putra dan putri) 3.000 m. Sedangkan nomor renang putra nomor 50m, 100m, 200m, dan 400m.

Untuk wanita, 100 m dan 200 m. Kemudian nomor 50m gaya dada putri, 50m gaya dada, 200m gaya dada, 400m gaya dada, dan 800m gaya dada. Serta upmea 50m untuk pria dan wanita.

Sedangkan venue nomor kolam renangnya digelar di Kolam Renang Tirta Raya Kota Banda Aceh. Sejumlah penyelaman kolam dilakukan di CT Harbor. 1 BPKS Sabang, Aceh. POSSI Sumut sendiri mengirimkan 11 atletnya untuk tampil di PON 2024. Mereka di bawah bimbingan pelatih Iwan Krisnawan, Prima Dewi, dan Santi Ramadhani.

Atlet akuatik, Sahru Putra Wajih, Erlangga Andaru Rinaldi, Andhini Arhyani dan Hannisa Irani Lubis. Sedangkan nomor tambak adalah Dimas Andrianto, Arkansyah Purba, Rifki Maulana Pasaribu, Vany Nove Tri Audiva, Andindia Rahimah, Resi Dwi Ananda, dan Melisa Humairah Lubis.

Pelatih renang Iwan Krisnawan menambahkan, persaingannya sangat ketat. Selain kontingensi dari Jawa, kontingensi yang Anda berikan sendiri juga akan laris manis. Diketahui, banyak atlet yang sudah tiba di Sabang untuk berlatih jelang PON 2024 dimulai.

“Dari segi persaingan, tidak bisa kita pungkiri bahwa pembatasan dari Pulau Jawa masih dominan. Seperti Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Bali saya kira akan mendominasi,” kata Iwan.

Sekretaris Jenderal POSSI Sumut, Zunaidi Iskandar Warinangin menambahkan, saat ini para atlet masih menjalani latihan. Permintaan atlet OBA untuk maju terlebih dahulu belum mendapat konfirmasi.

“Kami masih menunggu kepastian atlet selam yang akan berangkat lebih dulu. Namun sejauh ini belum ada kabar dan masih menunggu,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *