Balapan Motor Memperebutkan Piala Bobby Nasution Tabrak 6 Penonton, Ini Klarifikasi Panitia

Deli Serdang, VIVA – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menggelar lomba Piala berhadiah Piala Bobby Nasution, di Alun-Alun Kantor Bupati Deli Serdang, Kabupaten Lubukpakam, Sumatera Utara, pada Minggu, 11 Agustus 2024.

Namun pada balap motor tersebut, pebalap keluarga tersebut keluar lintasan dan menabrak 6 penonton yang menyaksikan perlombaan Piala hingga merebut piala Wakil Ketua BPP HIPMI M Bobby Afif Nasution yang juga calon gubernur. Sumatera Utara 2024.

Kisah ini tiba-tiba menjadi viral di media sosial. Sementara korbannya adalah Mutia (50), Alisa Zahra (8), Zihan (16), M Zakra (11), Burhanuddin (57) dan Fahmi Idris (26).

Ketua HIPMI Delhi Serdang Ahmad Ghafar Mubarok membenarkan kejadian tersebut. Ia mengatakan, sebagai penyelenggara pesta olahraga, ia bertanggung jawab terhadap seluruh korban hingga proses medis.

“Kami sebagai komisi bertanggung jawab, kami bawa ke rumah sakit dan dirawat. Alhamdulillah tidak ada masalah. Semua korban luka sudah pulang dan mereka juga berterima kasih kepada panitia yang bertanggung jawab,” kata Ghafar, Senin malam. 12 Agustus 2024.

Ghafar mengungkapkan, sebelum perlombaan Piala, panitia sudah memberikan imbauan kepada penonton bahwa lokasi tersebut aman untuk ditonton. Namun, orang-orang terlalu dekat dengan lintasan untuk melihat balap motor tersebut.

“Masyarakat Pakam antusias menontonnya, tapi ada beberapa tempat yang kami rilis yang dianggap aman, tapi apa masyarakatnya,” jelas Ghafar.

Ghafar menjelaskan, pelari tersebut tidak sengaja menabrak penonton. Pasalnya, pengemudi tidak bisa mengendalikan kemudi karena posisinya. 

“(Saat kejadian) kami tidak mengetahui apakah sepeda motor lepas kendali, kondisinya seperti apa, dan kami tidak ingin melukai orang dengan sengaja,” kata Ghafar.

Mengapa kasus ini menggunakan istilah Piala Bobby Nasution masih menjadi perdebatan. Gafar mengklarifikasi, Wali Kota Medan yang kini menjabat Gubernur Sumut Bakalon tidak ikut dalam lomba tersebut. Sebab, Bobby Nasuccion adalah Wakil Ketua Pengurus Pusat HIPMI.

“Kami komisi, karena dia presiden, kami ngomong soal bapak ibu, kami ingin bangga memberinya piala (tentang), tidak ada hubungannya dengan Pak Bobby (sebagai penyelenggara), ini milik kami. Inisiatif kata Ghafar.

Dalam keterangan Dinas Kominfo Kabupaten Deliserdang, perlombaan VIVA Cup HIPMI dipandu oleh Penjabat Bupati (Pj) Delhi Serdang Ir Wiriya Alrahman yang sebelumnya menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Medan. .

Kepada para pemenang lomba, Pj Bupati Delizerdang berharap prestasi yang diraih dapat dijadikan motivasi untuk terus berprestasi. Diharapkan UMKM dapat meningkatkan omzet penjualan dan memperluas jaringan pemasarannya.

“Momentum ini kita manfaatkan untuk terus berinovasi dan berkarya demi kemajuan Kabupaten Deli Serdang,” kata Wiriya.

Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris BPD HIPMI Sumut Syuhada Fela Yuda beserta jajarannya; Ketua HIPMI Delhi Serdang Ahmad Ghafar Mubarak beserta jajarannya, ketua organisasi perangkat daerah (HRO), camat dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *