8 Jet Tempur F-16 dan 6 Pesawat Wong Bee TNI AU Akan Unjuk Gigi di Langit IKN 17 Agustus Mendatang

Balikpapan, VIVA – TNI AU akan mengerahkan sebagian sistem pertahanannya pada puncak peringatan 79 tahun kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024. 

Aset pertahanan TNI AU yang dikerahkan sebagian besar antara lain delapan jet tempur F-16 Fighting Falcon dan enam pesawat KT-1B Wong Bee Jet Aerobatic Team (JAT). 

Pesawat TNI AU bersiap pamer di langit Istana Negara di Ibu Kota Pulau (IKN), Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur usai perayaan HUT Ke-79 Kemerdekaan Indonesia di bawah pimpinan langsung Presiden. Joko Widodo adalah orang Indonesia.

Seperti dilansir VIVA Soja dari keterangan resmi Dispenau, Selasa 13 Agustus 2024, Panglima Komando Operasi Udara II (Pangkoopsud II), Marsekal Udara Budhi Achmadi mengeluarkan perintah terkait persiapan demonstrasi udara bagi Komando Satuan, termasuk Komando Udara. Panglima TNI Dhomber Balikpapan, Komandan Skuadron 3, Komandan Skuadron 14 Lanud Iswahjudi, Komandan Skuadron 5 Lanud Sultan Hasanuddin, dan Komandan Wingdik 100/Komandan Penerbang di Hangar D Bandara Internasional Sultan Haji Muhammad Sulaiman. Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Minggu 11 Agustus 2024.

Pernyataan Pangkoopsud II kepada para panglima pasukan tersebut disampaikan guna melengkapi pelaksanaan air display bersamaan dengan perayaan Hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2024 di Istana Garuda, IKN Nusantara.

Pangkoopsud II Marsda TNI Budhi Achmadi kali ini membahas evaluasi proses latihan dan sebagian air display yang sebelumnya dilakukan pilot TNI AU. 

Hal ini untuk memastikan seluruh personel, peralatan keamanan dan persiapan teknis serta kegiatan demonstrasi udara di puncak berjalan lancar, kata Pangkoopsud II Marsekal TNI Budhi Achmadi pada 17 Agustus 2024.

Selain itu, Pangkoopsud II dan Panglima TNI AU juga membahas secara detail rencana meminimalkan risiko dan kondisi penerbangan dalam beberapa hari mendatang guna memastikan pertunjukan udara dapat berlangsung dengan lancar, aman, dan jujur.

Sekadar informasi, Pangkoopsud II melaporkan rencana demonstrasi udara tersebut kepada Asisten Operasi Panglima TNI (Asops Panglima TNI) Mayjen TNI Gabriel Lema di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Laporan tersebut memuat rumor dan rincian teknis mengenai serangkaian demonstrasi udara, baik latihan tim aerobatik TNI AU (Jupiter Aerobatic Team/JAT) maupun F-16 Fighting Falcon yang akan terbang di luar angkasa negara. Istana di ibu kota Indonesia.

Demonstrasi udara tersebut meliputi enam pesawat TNI AU KT-1B Wongbee dan delapan pesawat F-16 Fighting Falcon. Semua pesawat melakukan survei jalan sesuai dengan program pertunjukan udara yang akan segera diumumkan. Atraksi penerbangan ini akan mencetak sejarah baru, karena untuk pertama kalinya akan diadakan pertunjukan udara TNI Angkatan Udara di ibu kota baru negara, IKN Nusantara dengan ribuan peserta. Peserta dan tamu turut memeriahkan peringatan 79 tahun berdirinya. harus hadir secara langsung. Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Garuda, IKN Nusantara.   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *