Benarkan Warna Tutup Botol Air Minum Dalam Kemasan Punya Arti? Ini Penjelasan BPOM

Jakarta, VIVA – Anda mungkin memperhatikan bahwa botol air minum dalam kemasan (AMDK) memiliki warna tutup yang berbeda-beda, misalnya biru, hijau, putih, merah, dan lain sebagainya.

Mengenai arti warna tutup botol air minum, hal ini banyak diperbincangkan di media sosial, salah satunya akun TikTok @manjarazie.id yang menjelaskan arti warna tutup botol air mineral. .

Dalam video yang diunggah dijelaskan, jika tutup botol berwarna biru tua, berarti air tersebut diambil dari bawah tanah dan dipompa lalu dibuat dengan cara penyulingan dan ditandai sebagai air mineral yang kualitasnya lebih baik.

Jadi jika botolnya bersih berarti air tersebut berasal dari pipa bawah tanah yang diolah dengan bahan kimia selama penyulingan. Hal ini menyebabkan menurunnya kualitas air sehingga harganya menjadi lebih rendah.

Sedangkan jika botolnya berwarna hijau, berarti airnya berasal dari mata air bawah tanah di tempat lain yang kandungan garamnya tinggi.

Jadi penjelasan media tentang arti warna botol air mineral benar?

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pun membenarkan hal tersebut tidak benar dan menyebutnya salah.

“Teman-teman BPOM pernah lihat video yang menginformasikan bahwa warna botol air minum kemasan membedakan kualitas atau sumber airnya? Sepertinya sebagian besar tidak benar lho,” tulisnya. akun media sosial resmi @bpom_ri.

BPOM menjelaskan, tidak ada korelasi antara warna tutup botol dengan jenis atau sumber air, warna dan desain kemasan, termasuk tutup botol, serta desain produsennya.

Kualitas air minum dalam kemasan juga berkaitan dengan pemasaran dan penjualan, bukan kualitas atau sumber airnya.

Produsen air minum dalam kemasan seringkali menggunakan warna tutup botol sebagai strategi pemasarannya. Merek yang berbeda dapat membantu membedakan produk dari pesaing, atau memberikan kesan berbeda kepada konsumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *