Hati-hati Rusia, Ukraina Akan Kirim Anjing Robot di Medan Perang

KYIV, VIVA — Ukraina akan segera mengerahkan robot anjing di garis depan, menggantikan tentara dalam misi berbahaya seperti memata-matai parit Rusia atau mendeteksi ranjau.

Dalam demonstrasi di Ukraina, robot anjing “BAD One” memamerkan kemampuannya dengan berdiri, berjongkok, berlari dan melompat sambil menaati setiap perintah operatornya.

Karena kekurangan tenaga kerja, Ukraina memandang robot anjing sebagai solusi ideal untuk mengatasi tantangan di garis depan dan memberikan dukungan penting kepada pasukannya.

Laporan dari Arab News, Rabu 14 Agustus 2024 Robot anjing ini menavigasi medan perang, menggunakan pencitraan termal untuk melihat parit musuh atau bangunan gelap tanpa terdeteksi oleh mata musuh.

“Kami memiliki tentara investigasi yang dikirim untuk misi investigasi, sebagian besar dari mereka sangat terlatih dan berpengalaman, yang selalu berada dalam risiko,” kata operator, yang mengidentifikasi dirinya sebagai “Yuri.”

“Anjing-anjing ini membatasi risiko dan meningkatkan efisiensi bagi tentara. Itulah fungsi utama anjing,” katanya.

Robot anjing yang dipamerkan memiliki daya tahan baterai sekitar dua jam yang cukup untuk melakukan berbagai tugas

Berguna untuk mendeteksi ranjau atau alat peledak improvisasi, robot anjing juga dapat digunakan untuk mendeteksi amunisi atau obat-obatan seberat 7 kg di titik panas di medan perang.

Sementara itu, model ‘BAD Two’ yang lebih canggih masih dirahasiakan karena memiliki kemampuan khusus yang memberikan keuntungan taktis yang signifikan jika jatuh ke tangan musuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *