Kolaborasi Pertamina TC-GreatNusa Perkenalkan Digital dan Modular Learning untuk Industri 4.0

JAKARTA, VIVA – GreatNusa by Bina Nusantara (GreatNusa) oleh Pertamina Training and Consulting (PTC) menawarkan berbagai program pelatihan modular yang mencakup soft skill dan keterampilan teknis untuk mempersiapkan para profesional siap kerja dengan pola pikir berkembang.

Program ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan peserta agar siap bekerja di era Industri 4.0, baik pada level strategis maupun operasional. Sebagai wujud kemitraan strategis antara GreatNusa dan PTC, dilakukan penandatanganan kesepakatan antara kedua pihak untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang siap bekerja di era Industri 4.0 dalam inisiatif ini.

GreatNusa dan PTC akan menghadirkan perangkat pembelajaran kursus modular yang berfungsi untuk meningkatkan keterampilan tenaga kerja Indonesia melalui metode pembelajaran digital.

Pembelajaran modular merupakan pendekatan pendidikan yang memungkinkan peserta belajar melalui modul-modul yang terpisah namun saling berhubungan. Setiap modul dapat dipelajari secara mandiri atau sebagai bagian dari kursus yang lebih besar, memberikan kesempatan kepada peserta untuk memilih materi yang sesuai dengan kebutuhan dan jadwalnya.

Melalui pendekatan ini, peserta secara bertahap dapat mengembangkan keterampilan khusus dan menyesuaikan pembelajaran mereka dengan pertumbuhan karir dan kebutuhan. Kursus modular akan menawarkan berbagai program inovatif seperti Digital Leadership Bootcamp, Project Management Bootcamp dan bootcamp digital lainnya yang berkaitan dengan kepemimpinan dan teknologi. Tantangan di Era Digital

Prof. Pada 14 Agustus 2024 CEO GreatNoosa Firdous Alamsjah PHD menyampaikan bahwa segmen angkatan kerja saat ini memberikan tantangan di era digital, khususnya bagi generasi Gen-Z dan milenial.

Mereka tumbuh di dunia yang didominasi oleh teknologi, namun seringkali menghadapi kesenjangan antara keterampilan yang mereka miliki dengan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja. Pembelajaran modular penting dalam lingkungan ini karena memungkinkan perolehan keterampilan yang diperlukan dengan cara yang efisien dan mudah, sejalan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan industri.

“Kami percaya pembelajaran modular adalah kunci untuk memberikan kesempatan belajar, memungkinkan peserta untuk fokus pada keterampilan yang mereka butuhkan dan secara bertahap mengembangkan keterampilan mereka,” kata Firdous Alamsja. “Melalui program ini, kami berkomitmen mendukung transformasi digital Indonesia dan menyiapkan tenaga kerja yang siap menghadapi tantangan Industri 4.0.”

Kami sangat antusias dengan kerja sama ini karena akan membantu meningkatkan kapasitas SDM mitra kami mulai dari Pertamina Group dan grup BUMN lainnya.

Kemitraan GreatNusa dan PTC bertujuan untuk memberikan pelatihan komprehensif guna memenuhi kebutuhan industri saat ini dan masa depan. Ada tiga rencana hebat yang ditawarkan, antara lain:

Pertama, Digital Leadership Bootcamp dirancang untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan para peserta agar siap menghadapi tantangan, melakukan perubahan dari pemikiran ke transformasi digital, serta menggunakan teknologi terkini terkait data dan Industri 4.0.

Kedua, Bootcamp Manajemen Proyek memperkenalkan konsep tangkas dan air terjun ke dalam manajemen proyek dan membantu peserta memilih metode terbaik yang sesuai dengan kebutuhan proyek. Dengan pendekatan pembelajaran, peserta akan belajar mengelola sumber daya, risiko dan jadwal secara efektif, serta memimpin tim bersama-sama.

Ketiga, berbagai bootcamp digital yang berfokus pada topik-topik utama dalam bisnis dan TI, termasuk manajemen rantai pasokan, pengembangan bisnis, desain UI/UX, kecerdasan buatan (AI) dan pengembangan full stack. Program ini dirancang untuk membantu peserta menguasai keterampilan yang penting dalam pasar kerja saat ini, baik di bidang manajemen maupun teknologi.

Melalui kerjasama ini diharapkan dapat memperkuat predikat Digital Bootcamp dalam Industri Energi dan Pelayanan Publik yang dapat diakses oleh masyarakat dan industri yang berminat.

Proyek hasil kerjasama tersebut akan tersedia mulai kuartal ketiga tahun 2024 dan akan tersedia melalui platform GreatNusa dan berbagai mitra pengiriman. Peserta dapat memanfaatkan penawaran khusus selama periode peluncuran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *