BPIP Unggah Video Gladi Bersih, Paskibraka Perempuan Banyak yang Pakai Jilbab

JAKARTA, VIVA – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) membagikan video anggota Pancasila yang sedang latihan upacara peringatan Hari Republik ke-79 di Nusantara (IKN), ibu kota Kalimantan Timur pada Rabu, 14 Agustus 2024.

Melalui akun Instagram resmi BPIP, tampak para anggota Paskibraka bersiap menjalani latihan terakhir jelang peringatan Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus mendatang.

Beberapa pria Paskibraka terlihat mengenakan topi hitam, syal merah putih di leher, kemeja lengan panjang dan celana putih, serta sepatu hitam.

Untuk wanita paskibraka ada yang tidak berhijab, ada pula yang berhijab hitam, topi, selendang merah putih, baju lengan panjang, rok span, kaos kaki panjang dan sepatu hitam.

“Hari ini gladi bersih pertama, mohon doanya,” kata Indri Marwa Delvita, Paskibraka putri asal Papua Barat.

Penampilan Paskibraka Putri dalam video tersebut terlihat berbeda saat dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara IKN pada Selasa, 13 Agustus 2024.

Dalam foto yang ditampilkan pihak Istana saat foto paskibraka bersama beberapa menteri, termasuk Jokowi dan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Vahudi, tidak terlihat ada paskibraka perempuan yang berhijab.

Hal ini sontak menuai kontroversi di masyarakat, serta tudingan bahwa perempuan Paskibraka dilarang berhijab saat peringatan Hari Republik ke-79.

Pengurus Pusat (PP) Purna Paskibraka Indonesia (PPI) menyebutkan, ada 18 ibu-ibu Paskibraka yang melepas hijab saat dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di ibu kota kepulauan Indonesia (IKN) pada Selasa, 13 Agustus 2024. .

Sementara itu, Kepala BPIP Yudian Vahudi membenarkan tidak ada paksaan bagi ibu-ibu Paskibraka untuk melepas hijab saat upacara pada 17 Agustus 2024.

BPIP menegaskan masyarakat tidak boleh dipaksa untuk melepas hijab, kata Yudian.

Menurut Yudian, tindakan sukarela ibu-ibu Paskibraka yang melepas hijab untuk mematuhi aturan yang ada, terlihat pada pelantikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *