Sanksi AFC: Shin Tae-yong, Justin Hubner dan Ivar Jenner Terancam Hukuman Lebih Berat

JAKARTA – Asosiasi Sepak Bola Asia (AFC) tak main-main dengan sanksi yang dijatuhkan kepada pelatih timnas Indonesia Shin Tai Yong serta kedua pemainnya, Justin Hubner dan Ivar Jenner. Mereka memberikan peringatan keras kepada tiga pasukan tim Merah Putih. 

Shane, Justin dan Ivar akan dihukum berat jika gagal lagi. Hal itu tertuang jelas dalam risalah rapat Komite Disiplin dan Etik AFC pada Kamis 27 Juni 2024.

Selain itu, AFC juga memberi waktu 30 hari untuk membayar denda. Disiplin diputuskan berdasarkan Pasal 11.3 Kode Disiplin dan Etik AFC.

“Pastikan masalah ini diselesaikan dalam waktu 30 hari sejak tanggal ini. Keputusan diambil sesuai dengan Pasal 11.3 Kode Disiplin dan Etik AFC. “Tuan Shin Tae Yong (AFC/5088/KOR) telah diberitahu bahwa pelanggaran aturan ini dapat dihukum dengan hukuman berat,” bunyi risalah rapat Komite Disiplin dan Etika AFC.

Semua hukuman tersebut tak lepas dari kritik terhadap perilaku Shane, Justin, dan Ivar. AFC menilai ada penyimpangan dari apa yang dilakukan pelatih dan dua pemain timnas Indonesia tersebut.

Penalti ini berdampak pada banyak pertandingan Piala Asia U-23 2024 karena banyak kesalahan dalam pengambilan keputusan tuan rumah.

Konflik ini tak lepas dari pertandingan timnas U-23 Indonesia melawan tim Qatar. Tim Garda muda yang hanya beranggotakan 9 pemain tampil pada pertemuan pertama Grup A Piala Asia kelompok umur ini.

Ivar menjadi orang pertama yang meninggalkan lapangan setelah mendapat kartu kuning keduanya pada menit ke-46, disusul Ramadan Santa pada menit ke-90+6. Keluarnya Ivar dari lapangan menjadi tanda tanya besar. Gelandang berusia 20 tahun itu dituding menginjak kaki lawan. Namun banyak penggemar yang menilai Ivar tak berniat melakukan hal tersebut.

Shane juga mengkritik wasit dalam konferensi pers. Hal ini kemudian berujung pada penalti bagi AFC. Sementara Ivar dan Justin mendapat hukuman karena tulisannya di media sosial mencemarkan integritas seluruh pihak yang terlibat dalam hasil Piala Asia U-23 2024. 

Dia mengatakan bahwa para pemain kami telah mempersiapkan diri dengan baik untuk pertandingan ini, tetapi ada keputusan yang dibuat oleh banyak pemain sepanjang pertandingan, Anda tahu, saya tidak ingin membicarakannya. Ini pertunjukan yang lucu!” Hal itu disampaikannya kepada Shin Tai-yong saat jumpa pers usai laga Indonesia U-23 vs. Timnas U-23 Qatar. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *