Bukan Sekadar Tindakan Medis, Suasana Rumah Sakit Juga Berpengaruh pada Psikologis Pasien

Malaysia, VIVA – – Kesehatan merupakan hal terpenting yang harus selalu Anda jaga. Namun, ada kalanya kesehatan atau penyakit masyarakat menurun. Ketika hal itu terjadi, mencari pengobatan dan perawatan di rumah sakit adalah solusi yang dipilih sebagian besar orang untuk sembuh.

Rumah sakit merupakan tempat yang harus mengutamakan kenyamanan pasien. Hal ini juga yang dipahami oleh KPJ Healthcare, salah satu jaringan rumah sakit terbesar di Malaysia. Rumah Sakit Khusus Damansara 2 merupakan salah satu rumah sakit yang berada di bawah naungan KPJ Healthcare, memberikan pengalaman kenyamanan yang tak terlupakan bagi pasien.

Saat ditemui, Adenin Hashim selaku Head of Business Development & Marketing Communication Rumah Sakit Spesialis Damansara 2 menjelaskan, suasana santai di rumah sakit memberikan tempat bagi pasien untuk bersantai atau menyembuhkan. Adenin mengungkapkan, lobi Rumah Sakit Spesialis Damansara 2 telah dipercantik layaknya lobi hotel dengan desain menarik dan akuarium berukuran besar. Hal ini dilakukan agar pasien yang masuk merasa nyaman dan tidak kebingungan. Pengalaman bersantai juga datang dari dokter dan layanan pelanggan yang ramah.

“Jadi di KPJ, dari sudut pandang kami, keinginan kami adalah menghadirkan kesembuhan, tempat penyembuhan. Kami ingin memastikan pasien yang datang sangat aman, tenteram dan tidak perlu khawatir akan kesal, dll,” kata Adenin Hashim di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa 6 Agustus 2024.

Selain itu, bau merupakan faktor lain yang perlu dipertimbangkan. Adenin percaya bahwa ketika pasien datang untuk berobat, mereka harus wangi agar merasa nyaman. 

“Biasanya kalau ke hotel wanginya enak, aman, semua datang sambil senyum-senyum. Kami memiliki wewangian ini dengan minyak esensial yang kami masukkan ke dalam AC. Baunya sangat menyenangkan dan sangat aman. Baunya menyenangkan dan aman, serta memberikan kenikmatan dan ketenangan bagi pasien. “Berasal dari dalam,” kata Adenin. 

Tak hanya itu, selain penglihatan dan penciuman, Adenin menegaskan pendengarannya harus ditingkatkan agar bisa tenang saat berangkat ke rumah sakit. Di ruang tunggu Rumah Sakit Spesialis Damansara 2 terdapat piano yang dimainkan oleh seorang pianis yang memainkan musik lembut.

“Ada juga yang keluar dari pendengaran seperti suara piano. Kalau masuk tidak ada suara yang tidak menyenangkan, suara aman, tenang, dan sebagainya. Setiap hari ada pianis yang datang memainkan piano ini. Pasien juga tahu cara menggunakannya.

Selain itu, Adenin juga menjelaskan bahwa rumah sakit yang berada di bawah KPJ menyediakan peralatan atau teknologi kedokteran yang canggih. “Seperti KPJ, banyak teknologi baru di sini. Teknologi robotik yang kita lihat di kapsul robotik ini minimal invasif sehingga tidak ada operasi terbuka, jadi itu yang kita cari,” ujarnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *