Indonesia dan Malaysia Pererat Tali Silaturahmi Melalui Pameran dan Festival Budaya

JAKARTA, VIVA – Indonesia dan Malaysia, dua negara yang memiliki kekayaan seni dan budaya, kembali menunjukkan kedekatannya melalui serangkaian pameran dan festival bertajuk Citra Nusa @ Indonesia: “Kami Serampan” .

Acara tersebut resmi dibuka pada Selasa, 13 Agustus 2024 di Museum Sadar Nasional, Jakarta, berkat kerja sama antara Badan Warisan Indonesia (IHA) dan Jabatan Muzium Malaysia (JMM), dengan dukungan berbagai kementerian dan lembaga terkait.

Dalam pidato pembukaannya, Menteri Persatuan Negara Malaysia, Yang Mulia Datuk Aaron Ago Dagang, menekankan pentingnya ikatan budaya antara kedua negara.

“Malaysia dan Indonesia memiliki keberagaman suku, agama, kekayaan budaya dan tradisi yang menjadi urat kekuatan untuk mempererat hubungan kedua bangsa masing-masing,” ujar Datuk Aaron dalam sambutannya.

“Penguasaan ilmu pengetahuan, khususnya sejarah dan budaya negara, sangat penting bagi seorang warga negara untuk memahami, menghayati, dan memperoleh rasa jati diri untuk membangun negara dan negara yang bersatu, kuat, harmonis, dan berdaulat,” lanjutnya.

Pameran dan festival ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat umum, khususnya generasi muda, tentang persamaan dan perbedaan warisan seni dan budaya Malaysia dan Indonesia.

Program ini akan menampilkan berbagai aspek budaya kedua negara, termasuk prinsip budaya, adat istiadat, dan arsitektur tradisional. Selain itu, acara ini juga akan menampilkan sejumlah program publik yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengunjung.

Ketua Tim Kurasi dan Koleksi IHA, Zamrud Setya Negara, mengatakan pameran dan festival ini merupakan bagian dari visi IHA untuk menciptakan kembali museum dan warisan budaya.

“Kegiatan ini merupakan wujud nyata komitmen kami dalam memperjuangkan reprogramming, atau pemrograman ulang format pameran dan program museum, yang salah satunya melalui kerjasama internasional. Untuk generasi muda agar lebih mengenal dan menikmati budaya Indonesia,” Zamrud dikatakan.

Rangkaian pertunjukan dan festival Citra Nusa @ Indonesia: “Kita Serampan” menargetkan 100.000 pengunjung selama masa aktivasi. Pameran “Kita Serumpun” dibuka untuk umum pada tanggal 3 hingga 31 Agustus 2024 dan festival “Kita Serumpun” akan dilaksanakan pada tanggal 10, 11, 13, 14, dan 15 Agustus 2024.

Festival ini tidak hanya menampilkan pertunjukan seni dan budaya tetapi juga masakan khas Malaysia dari enam negara yang memanjakan pengunjung dengan beragam hidangan lezat.

Berikut beberapa kuliner Malaysia yang bisa dinikmati di festival tersebut:

1. Negeri Sembilan: Apam johol, rendang daging maman, sambal tampoyak kyu daun

2. Negeri Melaka: Kuih Ketyap, Kopi Hang Tuah, Ikan Tenggiri Assam Pedas, Kuih Kara Berloc, Kuih Onde-Onde Melaka, Sagu Gula Melaka

3. Negeri Selangor: Lemper, Kopi O Kundang, Bubur Meru, Piring dan Sambal Billis, Panten, Kuih Rengas, Blur Merah, Bubur Pisang dan Sagu, Bahulu Sermai

4. Negeri Kelantan : Tepung Bangkus, Ketupat, Tepung Pelita, Puteri Mandi, Tepung Boko Beras, Sekmak, Tepung Apam, Jump Ticum

5. Negeri Johor: Kuih Gandos, Kopi Johor, Tetulik, Telur Pindang, Wamure, Mi Siput, Botok-Botok

6. Negeri Kedah: Kuih dan kopi khas Negeri Kedah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *