Petualangan Kuliner Italia di Jakarta: 5 Restoran Ini Wajib Dikunjungi

JAKARTA, VIVA – Masakan khas Italia memiliki perbedaan dan ciri khas yang unik dibandingkan masakan daerah lainnya, antara lain penggunaan minyak zaitun di hampir semua masakan, penggunaan beragam pasta asli Italia, dan keju yang sering dijadikan penggantinya. Salah satu penggunaan daging, dan bahan makanan mentah baru-baru ini.

Selain cita rasa makanannya yang khas, restoran Italia kerap menawarkan interior yang tidak hanya menarik tetapi juga menambah kenyamanan pengunjungnya. Desain restoran Italia seringkali memiliki nuansa hangat dengan dekorasi dan dekorasi interior klasik. Tak hanya itu, penyanyi asal Italia juga menambah kekayaan warisan negara yang terkenal dengan pasta spagetinya.

Di Jakarta, tidak sulit menemukan restoran khas Italia karena restoran ini sudah lama ada di ibu kota. Bagi Anda yang tertarik menikmati makanan khas Italia, berikut 5 rekomendasi restoran yang menyajikan beragam makanan khas Italia di Jakarta.

1. Massilia Cucina Italiana Menggunakan bahan-bahan artisan berkualitas dari Italia, restoran ini mewujudkan konsep pizza gourmet Italia. Sebagai menu utama, pizza Massilia Cucina Italiana memiliki cita rasa yang khas, tekstur lembut, ringan, dan aroma yang menarik, berkat adonan yang difermentasi lebih dari 72 jam. Pizza di restoran ini dimasak dalam oven pizza khusus yang didatangkan langsung dari Italia, yang dipanggang menggunakan kayu api sehingga memberikan karakter dan aroma khas yang menggugah selera. 

Pizza Massilia Cucina Italiana telah diakui oleh beberapa penghargaan dari berbagai organisasi makanan di seluruh dunia, antara lain Top 50 Pizzas in the World 2024, Top 50 Pizzas in the World 2023, Top 50 Pizzas in Asia Pacific 2023, The Michelin Guide 2020, Gambro. Rosso Award, Pelayanan Terbaik Asia Pasifik 2023 dan lain-lain. Perlu diperhatikan juga bahwa menu yang ditawarkan di restoran ini tidak menggunakan daging babi atau bahan sejenisnya. 

Salah satu hidangan pizza favorit restoran ini adalah karnivora (pecinta daging) yang memadukan keju mozzarella fior di latte dengan daging dan sosis khas Italia. Selain menu pizza, Massilia Cucina Italiana juga memanjakan lidah dengan hidangan sederhana lainnya, antara lain Ravioli al Porcini, pasta Ravioli dengan daging dan saus spesial, jamur Porcini dengan kombinasi saus krim yang aromatik.  Dessert segar seperti tiramisu dan panna cotta nanas e lamponi menjadi pilihan tepat dengan cita rasa otentik dan unik. Massilia Cucina Italiana berlokasi di Arena Square, Jalan Gatot Subroto Kav. 55-56, Jakarta Selatan. Restoran buka mulai pukul 11.00 hingga 22.00. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor telepon restoran 0811-1002-0320.

2. Trattoria Gang Uma – PIK

Saat memasuki restoran, Anda akan disambut dengan aroma pizza dan pasta yang dimasak dengan berbagai saus spesial, serta aroma pembakaran kayu dari oven tradisional yang menambah kehangatan. Terinspirasi dari nenek pemiliknya yang berasal dari Italia, Uma Alle memanjakan lidah wisatawan dengan beragam hidangan Italia mulai dari pizza, pasta, hingga hidangan penutup yang menggugah selera. Pizza Uma Alley dibuat dengan metode hand-toss, dan adonan pizzanya diberi bahan mentah segar dengan bagian tengah yang lembut dan pinggiran yang renyah. 

Anda dapat menikmati hidangan pizza klasik Italia dengan Margherita, tomat San Marzano, dan fior de latte mozzarella dengan minyak zaitun extra virgin basil. Pasta Oma Ale juga menjadi hidangan yang sayang untuk dilewatkan. Nikmati juga nikmatnya cita rasa pasta yang dimasak al dente dengan aroma truffle yang unik, mulai dari spaghetti alla pesto, ravioli al tartufo, truffle pasta hingga truffle pasta. Di daftar hidangan penutup, Anda bisa mencoba beragam pilihan krim tiramisu atau gelato yang menyegarkan.

Harga menu makanan dan minuman di Oma Alley berkisar antara Rp 25.000 hingga Rp 4.650.000. Jam kerja restoran adalah dari pukul 10.30 hingga 21.30. Oma Elly Trattoria – PIK terletak di Jalan Pantai Indah Utara 2 Blok 8CG, Kapuk Muara, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara. Anda dapat menghubungi restoran untuk pemesanan melalui nomor telepon 0812-1116-2323.

3. Ruang teras dan ruang makan

Restoran Italia selanjutnya adalah Patio Venue and Dining. Terletak di Jalan Wijaya XIII No. 45, Panglima Polim, Jakarta Selatan, Patio Venue and Dining menawarkan pengalaman bersantap masakan khas Italia dengan nuansa khas Italia yang dihias dengan ruangan luas dan furnitur kayu. Taman-taman kecil di sekitarnya pun menambah hangatnya santapan.  

Menjadi bagian dari Plateran Group, Patio Venue and Dining menyajikan berbagai macam masakan Italia mulai dari makanan pembuka, hidangan utama, hingga hidangan penutup. Telur dadar teras, salah satu hidangan favorit, memadukan tumis jamur dan saus pesto dengan telur omega-3. Terasnya juga menawarkan rendang pizza, sajian fusion yang memadukan kelezatan masakan Italia dengan sentuhan Indonesia. Menyantap nikmat di patio terasa kurang lengkap dibandingkan apa yang bisa Anda dapatkan dalam segelas pendingin raspberry dengan raspberry, mentimun, dan apel hijau.

Harga makanan di Patio Venue and Dining mulai dari Rp 49.000 hingga Rp 1.590.000. Jam operasional restoran mulai pukul 07.00 hingga 19.00. Anda dapat melakukan reservasi atau mendapatkan informasi mengenai restoran tersebut dengan menghubungi 0821-1226-7787.

4. Kafe Milano

Dari namanya saja, Cafe Milano sudah cukup menghadirkan identitas restoran ini sebagai restoran Italia. Berlokasi di kawasan Menteng Jakarta Pusat, tepatnya di Mall Grand Indonesia, Cafe Milano berhasil memikat wisatawan dengan desain interiornya yang bernuansa Italia yang kental. Alih-alih menggunakan wallpaper untuk menghiasi dinding, Cafe Milano menghiasi dinding dengan rangkaian botol wine, yang menambah sentuhan artistik.

Sebagai restoran Italia, Cafe Milano juga menawarkan beragam menu khas Italia, antara lain Milano, pizza khas Cafe Milano yang disajikan dengan adonan tipis, di atasnya diberi jamur porcini, pancetta, parmigiano, dan telur setengah matang. Selain pizza pas-pasan di sisi kanannya, Cafe Milano juga menawarkan beragam pasta, salah satunya aglio olio dengan bottarga, pasta spageti yang dimasak dengan bottarga (sejenis ikan asin kering) yang menambah rasa asin khas.

Cafe Milano memberi harga makanan dan minumannya antara Rp35.000 hingga Rp435.000. Untuk informasi, Anda dapat menghubungi Cafe Milano melalui nomor telepon (021) 23580638. Restoran buka Senin-Kamis pukul 11.00-23.00, Jumat-Sabtu pukul 11.00-24.00, dan Minggu pukul 11.00-23.00.

5. Restoran Italia yang eksotis

Berbicara tentang restoran Italia, kita tidak bisa melupakan restoran Italia yang ada di diaspora. Restoran ini menawarkan berbagai makanan asli Italia termasuk pizza, pasta, serta makanan pembuka dan penutup khas Italia. Anda bisa memulainya dengan hidangan pembuka favorit, seperti roti bruschetta yang ringan di mulut atau cumi ripino yang memberikan sensasi pedas di lidah. Untuk pizza, Anda bisa mencoba Probasi Pizza yang disajikan dengan saus tomat, mozzarella, telur, parma ham, rocket salad, dan smoked cheese, yang tidak hanya menambah cita rasa otentik, namun juga menunjukkan identitas Probasi sebagai salah satu restoran Italia ternama di Jakarta.

Selain pizza, Pravasi berdedikasi menyajikan pasta buatan sendiri dengan bahan-bahan berkualitas tinggi. Gnocchi 4 Formaggi Salah satu hidangan pasta favorit restoran ini adalah gnocchi, sejenis pangsit Italia yang terbuat dari kentang tumbuk, kemudian dipotong-potong seukuran gigitan dan disajikan dengan empat jenis saus keju. Selain menu a la carte, restoran Italia ekspatriat ini menawarkan set menu Italia dengan harga lebih terjangkau antara Rp 45.000 hingga Rp 55.000. Set menu ini menawarkan beragam hidangan dalam satu set, seperti set menu yang meliputi Spaghetti Aglio e Olio, Sayur Campur, Creamy Spinach, dan Chicken Cucumber.

Expat Italian Restaurant terletak di Jalan Boulevard Raya QF 3. 11a 3, Kalipa Gidding, Jakarta Utara. Anda dapat menghubungi (021) 45850388 untuk reservasi atau mendapatkan informasi mengenai restoran. Restoran Italia yang eksotis buka Senin-Kamis pukul 11.00-23.00, Jumat-Sabtu pukul 11.00-24.00, dan Minggu pukul 11.00-23.00. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *