Rayakan HUT RI, Indonesian Culture Festival Digelar dari Sabang Sampai Merauke

Jakarta, VIVA – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, akan diadakan serangkaian kegiatan bertema Festival Kebudayaan Indonesia yang diselenggarakan pada tanggal 1 – 31 Agustus 2024 di Lippo Malls. 

Tema tersebut menampilkan keindahan budaya Indonesia dalam berbagai aktivitas di kawasan perbelanjaan, mulai dari festival fashion, festival kuliner, hingga festival tari lokal. Scroll Untuk informasi lebih lanjut, silakan datang!

Lippo Mall Kemang, Jakarta, mengadakan pameran yang menampilkan beberapa produk Indonesia seperti kain dan garmen batik, kerajinan tangan lokal, dan masakan tradisional Indonesia. Selain pameran, mal ini juga menyelenggarakan serangkaian talkshow dan workshop hasil kerja sama dengan budayawan, komunitas pelestari budaya, dan pecinta fashion yang diadakan setiap akhir pekan. 

Bekerja sama dengan sanggar seni dan budaya, keindahan tarian dan nyanyian dari berbagai daerah di Indonesia juga dapat dinikmati di panggung utama atrium pada minggu kedua dan ketiga bulan Agustus. Berkaca pada sejarah Indonesia sebagai negara maritim, Lippo Mall Kemang menampilkan kapal raksasa Sunda Kelapa dengan benteng di depannya. 

Bagi pecinta kuliner, pengunjung dapat menikmati beragam kuliner nusantara di Gajah Mada Plaza, sebuah supermarket di Jakarta Pusat dan di Desa Pluit, Jakarta Utara, dengan masakan Indonesia mulai dari hidangan utama, makanan ringan, dan minuman khas Indonesia. . Kenali masyarakatnya.  

Selain itu, keajaiban Pulau Sumatera juga menjadi subyek kegiatan di Cibubur Junction yang dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus hingga 1 September 2024 di Lobby Utama yang menampilkan festival masakan sederhana khas Sumatera seperti sate Padang, nasi kapau, martabak kubang, pempek palembang, mi aceh, tempoyak, mi celor, es krim kacang merah, pintab, dan es krim Iko sebagai gantinya. 

Selain itu, Semarak Sumatra di Cibubur Junction juga menampilkan seni dan budaya Sumatra antara lain Saman dan Bungong Jempa dari Aceh, Tari Rantak Minang dan Piring dari Sumatra Barat, Japin Melayi dari Bangka Belitung, Tari Serampang dan Soleram dari Jambi dan Riau, Serawai tari dari Bengkulu dan peragaan busana santai kostum adat Sumatera. 

Acara yang disponsori oleh Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur ini rencananya akan dibuka oleh Walikota Jakarta Timur dan Direktur Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur.

Lomba tari tradisional Monotambe yang berasal dari provinsi tenggara Sulawesi ini akan diadakan di Kota Kediri pada tanggal 18 Agustus 2024.

Sementara itu, mal yang terletak di Jawa Barat, Bandung Indah Plaza, menonjolkan kesenian Jawa Barat dengan mengadakan lomba tari Jaipong yang menampilkan angklung musik Jawa Barat dan jajanan Pisan Sunda yang menampilkan jajanan khas Jawa Barat. 

Plaza Medan, sebuah supermarket yang terletak di Medan, Sumatera Utara, menyelenggarakan pariwisata Aceh hasil kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Aceh dengan lokasi kegiatan di halaman parkir seberang Plaza Medan Fair. 

Pengunjung dapat merasakan langsung produk khas Aceh melalui beberapa produk unggulan UMKM seperti Kopi Solong, makanan khas Aceh, dan oleh-oleh khas Aceh. Wisata Aceh penuh dengan panggung seni budaya Aceh, salah satunya adalah tari Ratoeh Jaroe. 

Lippo Plaza Kupang, sebuah pusat perbelanjaan yang terletak di Indonesia bagian timur, menampilkan kegiatan seni seperti tarian lokal dan peragaan busana lokal, dengan NTT Casual Weaving Fashion Show yang menampilkan kain tenun Bagian dari Wastra Indonesia yang dikenal di seluruh dunia.

Santiwati Basuki, Marketing Manager PT Lippo Malls Indonesia menjelaskan, Festival Budaya Indonesia diangkat sebagai tema menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 untuk meningkatkan keindahan budaya Indonesia dengan menampilkan budaya lain yang berasal dari beberapa suku. Dan pulau-pulau. Di Indonesia melalui kostum tradisional, tarian tradisional dan kuliner tradisional.

“Dengan pusat perbelanjaan kami yang tersebar di 36 kota di Indonesia, merupakan suatu kekuatan yang patut diperhitungkan di Indonesia dengan kekayaan dan keragaman budaya yang kami miliki,” kata Santiwati dalam keterangannya. “Identitas dan kebanggaan bangsa melalui semangat Bhinneka Tunggal Ika “. Selasa, 13 Agustus 2024.

“Festival Kebudayaan Indonesia akan menampilkan kekayaan budaya Indonesia, jati diri Indonesia dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika, serta mengingatkan kita bahwa keanekaragaman budaya setiap daerah di Indonesia merupakan aset penting yang harus kita jaga dan jaga. itu, ”tambahnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *