25 Ribu Unit BMW R 1300 GS Kena Recall karena Hal Ini

Jakarta, VIVA – Pabrikan mobil asal Jerman, BMW, terpaksa menarik kembali atau recall model kuda besinya yang terkenal, R 1300 GS 2024.

VIVA dilansir Greatbiker pada Selasa, 06 Agustus 2024 Masalah penarikan ini dilaporkan oleh Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) AS,

Menurut laporan, BMW R 1300 GS yang diproduksi antara 14 Juli 2023 hingga 18 Maret 2024 terkena dampak kegagalan perakitan mesin.

Bangunan perakitan awal yang merupakan bagian proses pembuatan dengan menggunakan sistem injeksi mempunyai cacat yang dapat merusak bangunan pada saat perakitan kendaraan.

Kesalahan ini dapat menyebabkan adanya uap air yang dapat merusak motor starter. Karena cacat tersebut dapat menyebabkan mesin tidak dapat menghidupkan mesin secara normal atau membiarkan mesin beroperasi sendiri.

Hal ini dapat terjadi akibat kebocoran listrik akibat korosi dan penumpukan uap air.

Keadaan ini dikatakan sangat berbahaya karena dapat menyebabkan panas berlebih, bahkan kebakaran, dan masalah ini telah ditemukan.

Sebagai langkah awal, diler BMW di Amerika Serikat mengimbau masyarakat terdampak R 1300 GS segera datang untuk perbaikan tanpa dipungut biaya.

Selain itu, BMW juga mewanti-wanti pemilik mobil agar berhati-hati dan waspada.

“Jika mobil menunjukkan gejala yang salah, seperti bau terbakar, bawalah mobil ke pusat kesehatan dan periksakan secara gratis,” tulis perusahaan tersebut.

FYI, BMW sudah melakukan recall pada Februari 2024 untuk mengganti cover plastiknya. Namun hal ini terbukti tidak efektif dalam menyelesaikan masalah.

Alhasil, BMW terpaksa melakukan recall besar-besaran pada Juli 2024. Pabrikan memperkirakan masalah ini akan berdampak pada 25.000 unit R 1300 GS di seluruh dunia.

Semua pemilik sepeda motor di seluruh dunia akan diberitahu dan diminta membawa sepeda motornya ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *