Mitsubishi Fuso Uji Coba Truk Sampah Super Canggih

Kawasaki, VIVA – Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation meluncurkan konsep truk listrik self-driving terbarunya, eCanter Sensor Collect, yang diuji coba di kota Kawasaki, Jepang.

Truk ini dirancang untuk secara otomatis mengikuti pengemudinya dari satu tempat pengumpulan sampah ke tempat pengumpulan sampah lainnya dan dapat dikendalikan dari jarak jauh.

Dikutip VIVA di laman Carscoops, Mitsubishi Fuso bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup setempat untuk menguji truk tersebut dalam berbagai kondisi.

Dump truck ini dilengkapi dengan sistem bantuan pengemudi level 2 (ADAS level 2) yang biasa digunakan pada mobil modern.

Meskipun tingkat otonomi ini tidak terlalu tinggi, namun cukup untuk berkendara dengan kecepatan rendah di jalur pengumpulan sampah yang telah ditentukan.

Truk ini dilengkapi dengan beberapa kamera depan dan belakang yang berfungsi sebagai kaca spion. Ketika pengemudi meninggalkan tempat duduknya dan mulai bergerak, truk secara otomatis mengunci dirinya di tempatnya dan mengikuti pengemudi dengan lembut.

Truk juga dapat berhenti di tempat pengumpulan sampah yang telah ditentukan, sehingga mengurangi beban kerja karena pengemudi tidak perlu keluar masuk kendaraan.

Selama pengoperasian jarak jauh, kamera truk mendeteksi rintangan dan pengguna jalan lainnya, mengerem jika ada pejalan kaki di depan atau pengemudi untuk menghindari kendaraan yang tidak bergerak.

Fitur lain yang dikembangkan adalah sistem berbagi informasi sampah yang mendeteksi berat dan volume sampah yang dimuat, serta jumlah material yang dibuang, untuk efisiensi.

Program ini merupakan bagian dari rencana Pusat Sanitasi Lingkungan Jepang (JESC) untuk mengurangi emisi CO2 selama pengumpulan sampah, sekaligus meningkatkan efisiensi operasional. Mitsubishi Fuso rencananya akan melanjutkan uji coba ini sepanjang tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *