Aktris Vizza Dara Peringatkan Tentang Keamanan dan Etika di Dunia Maya

VIVA Showbiz – Di era digital yang semakin maju ini, pengguna internet di Indonesia terus bertambah signifikan setiap tahunnya. Peningkatan pengguna internet ini membawa manfaat besar, namun juga tantangan besar dalam hal keamanan dan etika digital.

Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk memahami dan menggunakan tips kehati-hatian dalam dunia digital. Mundur?

Menjawab tantangan tersebut, diadakan Workshop Online Makin Kakap Digital Episode 24 pada hari Kamis, 11 Juli 2024 dengan mengusung tema “Simple Fact Check”.  Acara yang digelar di Kabupaten Manokwari, Papua Barat ini dihadiri oleh siswa SMP 2 Manokwari dan SMP 15 Manokwari yang melakukan aksi unjuk rasa kelompok di auditorium sekolah.

Acara tersebut menghadirkan tiga pembicara yang berspesialisasi di bidangnya. Hayuning Sumbadra, Guru Besar/Direktur PT Energi Mengikuti Imajinasi, mengungkap pilar etika digital. Ilham Baladraf M.M., M.H., CEO Satmaka Raharja, memaparkan Pilar Digital Cakap. Vizza Dara sebagai publik figur juga mencontohkan etika digital.

“Informasi yang beredar di internet jumlahnya tidak terbatas setiap detiknya, sehingga penting bagi kita untuk memilah kabar baik dan membuang kabar buruk.” Jangan percaya dan selalu cek fakta sederhananya! .

“Khususnya bagi kita yang memiliki akun media sosial yang saat ini mewakili identitas kita, kita perlu menjaga keamanannya agar tidak dicuri oleh orang lain, karena tidak hanya dapat mengakibatkan hilangnya reputasi mereka. Bukan hanya kita, tapi juga materi.” Melanjutkan.

Vizza lebih lanjut menjelaskan mengapa DigiFriends harus memahami keamanan digital. Indonesia merupakan negara yang tiga perempat penduduknya menggunakan internet dan dibekali dengan kepribadian yang positif, mereka akan selalu percaya bahwa setiap orang adalah baik, sedangkan di dunia digital juga banyak terdapat penjahat. 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan DigiFriends, menurut Sondang, adalah penggantian password setiap tiga bulan sekali, penggunaan kombinasi simbol, angka, huruf besar dan kecil untuk membuat password, bukan password yang sama untuk semua media sosial dan bukan hanya klik. Pada tautan yang Anda terima. Ada jutaan pengguna media sosial di Indonesia yang perlu membiasakan diri menjauhi penipuan, berhati-hati terhadap keamanan akunnya dan selalu mengecek fakta-fakta sederhana agar internet lebih bermanfaat bagi dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *