Tiga Gejala Awal Penyakit Jantung yang Sering Muncul, Salah Satunya dari Jari

JAKARTA, VIVA – Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, karena terjadi secara tiba-tiba tanpa gejala yang jelas.

Dalam beberapa kasus, serangan jantung mendadak terjadi bahkan pada orang yang tampak sehat dan aktif.

Untuk menghindari efek samping tersebut, sangat penting bagi kita semua untuk mengenali tanda-tanda awal penyakit jantung.

Beberapa gejala mungkin merupakan tanda awal yang perlu ditanggapi dengan serius. Di bawah ini tiga gejala utama yang sering terlihat pada orang yang berisiko terkena penyakit jantung seperti dilansir channel YouTube TVOne.1 Hidup Sehat. dugem

Jika Anda melihat adanya pembengkakan pada jari-jari kaki, diikuti dengan perubahan bentuk kuku yang mengarah ke bawah, ini bisa jadi merupakan tanda adanya masalah jantung yang serius.

Kondisi ini disebut clubbing, yang sering dikaitkan dengan penyakit jantung atau infeksi jantung. Jangan abaikan gejala-gejala ini, karena pengobatan dini dapat mencegah komplikasi terburuk.2. di bawah leher

Bengkak pada kaki, terutama bagian bawah, bisa menjadi tanda penyakit jantung yang tidak boleh diabaikan. Kondisi ini disebut edema.

Hal ini biasanya disebabkan oleh retensi cairan akibat fungsi jantung yang buruk. Jika kaki Anda terasa bengkak terus-menerus tanpa sebab yang jelas, segera hubungi dokter 3. Perubahan warna kulit

Hati-hati jika kulit Anda berubah menjadi abu-abu, biru, atau hijau. Ini bisa jadi pertanda pembuluh darah tersumbat, sangat berbahaya karena menghambat aliran oksigen dari jantung ke seluruh tubuh.

Jenis penyumbatan ini memerlukan perhatian medis segera untuk menghindari risiko serius.

Penyakit jantung memang menakutkan, namun dengan mengenali dan merespons gejala awal, kita dapat mengambil langkah pencegahan yang efektif.

Jadi, jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *