Atma Jaya Bersama 41 Universitas Raih Rekor Muri

Tangerang, VIVA – Universitas Katolik Indonesia (Unica) Atma Jaya kembali menunjukkan komitmennya terhadap kelestarian lingkungan melalui berbagai kegiatan. Bertepatan dengan peringatan HUT RI ke 79, Unica Atma Jaya turut serta dalam Eco Enzyme Festival 2024.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Universitas Indonesia bersama dengan tim Eco Enzyme UI GreenMetric World University Rankings Network Indonesia (UIGWURN). Pada hari Sabtu tanggal 17 Agustus 2024 telah dilaksanakan kegiatan penuangan cairan Eco Enzyme ke danau Kampus BSD Atma Jaya.

“Bertepatan dengan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia ini, Atma Jaya juga berperan dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup,” kata Prof. Dr. Yehuda Turana, Sp. S (K), Rektor Atma Jaya dalam sambutannya.

“Keikutsertaan Atma Jaya bersama 41 perguruan tinggi lainnya dalam Eco Enzyme Festival 2024 merupakan wujud komitmen kami sebagai perguruan tinggi untuk mendukung upaya keberlanjutan,” imbuhnya.

Puncak kegiatan ini adalah pencurahan Eco Enzyme sebagai langkah nyata kepedulian Universitas terhadap lingkungan. Tak hanya itu, acara dilanjutkan dengan pembagian 2.500 bibit ikan yang terdiri dari ikan nila dan lele. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjaga air di danau kampus dan menjaga ekosistem danau agar tetap terjaga kelestariannya.

Dalam upaya menjaga lingkungan kampus, Atma Jaya juga memproduksi Eco Enzyme dari sampah organik berupa sisa kulit buah dan sayur yang diproduksi di salah satu kios di kantin Kampus Atma Jaya Semangi. Kemudian sampah organik tersebut akan melalui berbagai proses dan tahapan hingga menjadi Eco Enzyme.

Diperkirakan sisa kulit buah dan sayur yang dihasilkan mencapai hingga 30 kilogram per hari. Limbah ini kemudian diolah dalam proses fermentasi cair 50 liter Eco Enzyme oleh mahasiswa, dosen dan teknisi Fakultas Teknologi Biologi (FTb) dan Fakultas Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi (FIABICOM).

Proses ini dilakukan oleh Dr. dipimpin oleh Ny. Yasinta Ratna Esti Wulandari, M.Si., dan fermentasi akan dimulai pada 12 Juni 2024, dan panen pada 16 Agustus 2024.

Sebanyak 50 liter Eco Enzyme diproduksi dan dituangkan secara serentak oleh seluruh civitas Atma Jaya. Pengecoran secara simbolis dilakukan oleh rektor dan pengurus, dan selebihnya oleh lebih dari 45 mahasiswa. Setiap siswa menuangkan cairan Eco Enzyme yang dibagi ke dalam 78 botol berukuran 250ml.

Dimasukkannya Atma Jaya dalam Eco Enzyme Festival juga merupakan aksi nyata yang mengacu pada seruan Paus Fransiskus melalui ensiklik “Laudato Si” untuk menjaga dan melestarikan alam sebagai rumah kita bersama.

Kami berharap melalui kegiatan bersama ini dapat menjadi simbol bagi Atma Jaya untuk mewujudkan komitmen teguhnya sebagai yang terdepan dalam kampus hijau dan keberlanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *