Pimpin Upacara HUT RI di IKN, Jokowi Pakai Kustin Pakaian Adat Kalimantan Timur

Penajam Paser Utara, VIVA – Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-79 diperingati hari ini, Sabtu 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Negara Indonesia (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

Memimpin HUT RI ke-79 di IKN, Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Kustin, didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang berasal dari Kalimantan Timur. bagaimana kabarnya? Gulir untuk informasi lebih lanjut!

Baju Kostin merupakan pakaian adat yang berasal dari Kutai Kalimantan Timur. Jas adat yang dikenakan Jokowi didominasi warna hitam dengan aksen emas membuat penampilannya sangat anggun, menarik, dan mewah.

“Pakaian adat presiden dan ibu negara pada upacara pengumuman tahun 2024 merupakan pakaian adat Indonesia. Terinspirasi dari pakaian adat kerajaan Kutai Kartingara dan pakaian Martadipura, Kostan,” jelas pembawa acara.

Katanya: “Baju Kostin merupakan salah satu pakaian kasta tinggi di kerajaan Kutai Kartingara. Kata Kostin berasal dari kata kastin yang berarti keagungan.”

Sekadar informasi, HUT RI ke-79 juga digelar di Istana Merdeka Jakarta. Sebelum upacara dimulai, ada hiburan yang salah satunya dibawakan oleh penyanyi Vidhi Al-Diyan atau VIDI yang membawakan lagu Emerald Khatolastiva gubahan Gora Sukarno Putra. 

Kemudian di IKN, Mawar De Jong, Novia Bachmid, dan Olivia Pardid membawakan lagu Pospa Warni ciptaan Gaurah Sukarno Putra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *