Pameran AKI 2024 di Batam Sukses Besar, Banjir Order dari Wisatawan Singapura dan Malaysia

Batam, VIVA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggelar Pameran Apresiasi Kreativitas Indonesia (AKI) di Mega Mall, Batam, pada 2-4 Agustus 2024 :

Acara yang dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno ini mampu menarik perhatian banyak wisatawan, termasuk pelanggan asal Singapura dan Malaysia, serta menjadi ajang promosi produk kreatif lokal. pasar internasional. Scroll untuk informasi lengkapnya, yuk.

Dalam sambutannya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, karena keputusan memindahkan acara ke Batam, mereka cepat mendapat pesanan dari wisatawan mancanegara seperti Singapura dan Malaysia. Dan beberapa produk terjual habis dalam waktu 3 hari setelah acara. 

Hal ini, kata Sandiaga, menunjukkan bahwa program/Baparekraf yang ditawarkan Kemenparekraf merupakan program yang tepat sasaran dengan manfaat dan waktu yang tepat. Kemenparekraf berharap peserta pameran AKI Tanjung Pinang dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memasuki pasar ekspor. 

“Kami ingin produk-produk UMKM Kepri menjadi andalan dalam meningkatkan penjualan produk perekonomian kita yang ditargetkan mencapai 28 miliar dolar pada tahun ini,” kata Sandiaga Uno dalam keterangannya, dikutip Kamis, Agustus 15 Agustus 2024 . . 

AKI 2024 Tanjung Pinang menampilkan beragam produk kelas atas dari subsektor fashion, kerajinan tangan, masakan, aplikasi, musik, dan sinema. Total peserta yang berpartisipasi sebanyak 30 orang, dengan rincian 15 kuliner, 6 kerajinan tangan, 4 fashion, 1 aplikasi, 2 musik, dan 2 detail film. 

Produk-produk tersebut mendapat respon yang baik dari para pengunjung, termasuk wisatawan mancanegara, sehingga antusias untuk membeli dan dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Beragamnya produk yang dipamerkan menunjukkan betapa kaya dan kreatifnya para pelaku industri desain di Indonesia.

Kesuksesan AKI Expo 2024 di Batam juga memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi wilayah sekitarnya. Selain meningkatkan pendapatan dari penjualan produk, acara ini juga meningkatkan kunjungan wisatawan dan pemanfaatan kawasan, sehingga memberikan kontribusi positif bagi perekonomian lokal. 

Kami berharap acara seperti ini dapat terus diadakan secara rutin dan menjadi agenda tahunan yang dinantikan tidak hanya oleh para pelaku industri desain, tetapi juga masyarakat umum dan wisatawan mancanegara, kata Sandiaga Uno. 

Selain menampilkan produk-produk desain, pameran AKI 2024 juga menyelenggarakan berbagai acara ceramah dan workshop yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya keberlanjutan dan kreativitas dalam industri desain. Pembicara yang hadir antara lain Chef Norman pada Culinary Funtalk, Johnny Astin pada Film Funtalk dan Rakhmat Angara pada demo aplikasi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *