Terungkap! Kisah Dibalik Kolaborasi Hindia dan Eaj Park yang Menggemparkan Penggemar K-Pop

JAKARTA  –  Penggemar K-pop dikejutkan dengan kolaborasi Eaj atau yang dulu dikenal dengan nama panggung Jae dengan musisi kenamaan Tanah Air, Daniel Baskara Putra yang dikenal salah satu orang India.

Mantan penyanyi K-pop Day6 dikabarkan telah merilis duet indie bertajuk Right Where You Left Me pada awal Juli tahun lalu. Diketahui pula bahwa lagu ini langsung masuk ke chart musik sebagai lagu baru bagi banyak pendengar. 

Saat ditemui media, Hindia sendiri membeberkan soal kolaborasinya dengan Eaj. Disebut Indies, pria kelahiran 1991 ini pertama kali menghubunginya untuk mengajaknya bekerja sama. 

“Mereka yang menghubunginya berbicara dari sana selama beberapa bulan, berbicara dan memilih musik, kami mendapat musik, kami mengirimi mereka data. Saya menulis banyak versi, ada yang dengan musik, ada yang syair, ada yang otomatis, Beda jenis, ada yang campur semua,” kata pria kondang Baskara Putra saat ditemui di kawasan Woltermongonsi, Jakarta Selatan, Rabu, 17 Juli 2024.

Lebih lanjut Baskara Putra mengungkapkan, dari seluruh diskusi dengan mantan pelantun Day6 itu, terpilihlah lagu Right Where You Left Me. 

“Setelah saya menyelesaikan semua terjemahannya, saya mengutus dia untuk mendengarkan semua orang yang dia pilih sekarang,” jelasnya. 

Baskara Putra mengungkapkan musisi Kamga yang tergabung dalam Tangga membantunya selama proses rekaman di Jakarta untuk lagu tersebut. Kamga sendiri mengatakan bahwa Baskara adalah pengisi suara. 

“Hanya di sini, saat saya rekaman, voice Director saya, Kamga, membantu saya. Dialah yang selalu membantu saya dan paling banyak mengajari saya tentang suara Kamga.”

Untuk lagu Right Where You Left Me, ia juga banyak memasukkan kalimat bahasa Indonesia di dalamnya. 

“Dan aku tidak merubah teks dari apa yang ditulis Jae. Yang penting aku paham konteksnya, aku taruh di etlip bahasa Indonesia, yang lain-lain, aku bisa bilang 70 persen dari buku aslinya, selebihnya sudah kami sentuh. beberapa bulan terakhir ini,” “Apa yang terjadi, aduh, ini lagi-lagi mencuat,” ujarnya.   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *