Kisah STY Hentikan Latihan Timnas Indonesia saat Azan Bekumandang

Jakarta, VIVA – Shin Tae Yong (STY), pelatih timnas Indonesia, punya kebiasaan menghentikan sesi latihan saat mendengar azan. Menurutnya, hal itu merupakan bentuk penghormatan terhadap agama sebagian besar pemain.

STY berhenti berlatih saat azan dikumandangkan pada Juni 2022 di Stadion Madya saat pertama kali melatih timnas U-19 Indonesia.

Latihan ini digelar dalam rangka persiapan Piala AFF U-19 2022. Pada turnamen tersebut, Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Brunei.

Saat itu, jadwal latihan Timnas Indonesia bertepatan dengan salat magrib. Pukul 17.00 mereka memulai latihan pada WIB selama 1 hingga 2 jam.

“Sampai saat ini seperti ini: ketika azan berhenti, latihan dihentikan satu atau dua menit hingga azan berakhir. Ini sebagai bentuk penghormatan terhadap agama para pemain,” kata STY kepada awak media, Juni lalu. 26 Agustus 2022.

Usut punya usut, sebelum resmi ditunjuk menjadi pelatih timnas Indonesia pada akhir Desember 2019, ternyata STY lebih dulu mendalami budaya Islam di Jakarta.

Pada 9 Desember 2019, ia memperoleh ilmu tentang Islam setelah mengunjungi Pusat Kebudayaan Korea di Jakarta.

Shin Tae-yong tiba di Jakarta pada 8 Desember 2019. Fokusnya memahami budaya dan sifat keislaman pemain Indonesia, tulis media Yonhap Korea Selatan.

“Keesokan harinya beliau mengunjungi Pusat Kebudayaan Korea di Indonesia dan mendengarkan ceramah dari pakar kebudayaan Islam. “Dia juga menunjukkan ketertarikan yang aktif dan banyak bertanya,” lanjutnya.

Sikap saling menghormati yang diusung STY kini membuat para pemain dan pendukung timnas Indonesia disayangi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *