Merayakan HUT RI ke-79 dengan Adu Karate di Bogor

VIVA – Ada banyak cara menarik untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79. Salah satunya melalui kompetisi karate dan tari Indonesia.​

Acara bertajuk Desava Cup Sports & Fun 2024 ini akan digelar di Desava Resort, Restaurant & Recreation di Bogor, Jawa Barat. Acara ini akan diadakan selama dua hari, Jumat dan Sabtu, 16 dan 17 Agustus.

Bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor, D’Sawah Cup menghadirkan beragam kegiatan seru untuk dinikmati warga Kota Bogor.

Agendanya meliputi lomba karate, tari Indonesia, fashion show, musik dan fun games, dengan puncak acara adalah konser Gavin Watten Band yang rencananya akan menghibur pengunjung pada hari Sabtu, 17 Agustus 2024 mendatang.

Terkait perlombaan karate dan tari Indonesia, De Sawa Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor (DISPERBD), Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bogor (DISPORA), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bogor, Federasi Olahraga Karatedo Indonesia I bekerjasama. (Forky) Kota Bogor.

Pesertanya sebagian besar adalah pelajar SD, SMP, dan SMA yang berasal dari Kota dan Kabupaten Bogor. Francesca Hanna Susanto, pemilik De Sava Resort, Rest and Recreation, sangat antusias menyambut Piala De Sava perdana ini.

Pasalnya, ia merasa olahraga dan hiburan sudah menjadi satu kesatuan yang terpisah. Kompetisi olahraga yang rutin akan meningkatkan pariwisata di sekitar Bogor Barat dan membantu perekonomian.

Lebih lanjut, sejak pandemi COVID-19, pemerintah Indonesia terus menggalakkan wisata olahraga.

“D’Sawah Cup Sport & Fun 2024 merupakan kerjasama pertama kami dengan Disparbud dan Dispora Kota Bogor,” kata Hina kepada media.

“Kami ingin De Sava Resort Bogor masuk dalam lima besar destinasi wisata terpopuler di Bogor.” semakin menambah pesonanya. “Ini membawa manfaat nyata bagi lingkungan sekitar,” lanjutnya.

Di sisi lain, Hana meyakini Piala Desaba juga bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan industri pariwisata Kota Bogor.

“Kami ingin De Sava masuk dalam lima besar tempat wisata terpopuler di Kota Bogor.” daerah sekitarnya. Kami ingin memberikan manfaat nyata kepada masyarakat,” jelasnya lebih lanjut.

Sementara itu, Direktur Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor Aisu Pujiati memuji upaya De Saba dalam menyelenggarakan turnamen karate tersebut. Ia melihat hal ini sebagai cara untuk mempromosikan wisata olahraga di kotanya.

“D’Sawah Resort, Resto and Entertainment Bogor mempunyai potensi yang besar untuk menjadi destinasi wisata utama di Kota Bogor. D’Sawah Resort sangat bagus karena memiliki fasilitas yang sudah ada. Dengan menambah atraksi dan wahana, kita bisa menarik lebih banyak wisatawan. ”Juga destinasi wisata yang mengangkat potensi seni budaya lokal, seperti wayang bambu dan wayang gorak, serta mengkolaborasikan potensi lokal juga merupakan peluang besar untuk menjadi pionir di bidang tersebut,” jelas Aisou.

Johannes Samuel, direktur De Sava Resort, berjanji akan lebih banyak mengikuti pertandingan Piala De Sava di masa depan.

“Tahun depan Desava Cup Seri 2 tahun 2025 akan lebih baik lagi. Akan diadakan kompetisi olahraga tambahan dan pesertanya akan lebih banyak lagi,” jelas Johannes.

Klub Karate SMK 1 Kumus Bizari Kumus berhasil meraih juara dengan perolehan 10 medali emas. Mereka juga meraih hasil luar biasa baik individu maupun tim di beberapa kategori, antara lain kata individu putri, kata individu junior putri, kata beregu pemula pemula putra, kelas kumite pemula -30kg putri, dan kelas kumite pemula -35kg putra.

Hasil Piala Desaba 2024

1. Bizarre Kamus (10 emas, 6 perak, 7 perunggu) 2. University of Nusavansa (5 emas, 6 perak) 3. Saint Seiya (4 emas, 5 perak) 4. Bosch (3 emas, 4 perak) 5. Makau (2 emas, 6 perak, 2 perunggu) 6. Akademi Karate Ryujin (1 emas, 1 perak) 7. Mogan (1 perak, 6 perunggu) 8. Babakin Dramaga 03 (0)

Hasil lomba tari

Juara Kategori A 1. Juara Lingga Manik (Sanggar Dayang Sumbi). Gandes Kuncites (Studio Gandes Kuncites) Juara 3. Devi Rati (Studio Devi Rati)

Kategori B Juara 1. Devi Sri (Studio Devi Sri) Juara 2. Tim Specta Dance (SMPK Penabur Kota Wisata) Juara 3. Navasina (SMPN 11 Kota Bogor)

Kategori C Juara 1. Pancarasa (Sanggar Dayang Sumbi) Juara 2. Dewi Ratih (Sanggar Dewi Ratih) Juara 3. Abhinaya (SMAN 1 Tenjolaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *