KBKM Inspirasi Anak Muda Lewat Inovasi Sainstek Berbasis Kebudayaan

JAKARTA, VIVA – Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menggelar lokakarya motivasi bertajuk “Upaya Pemuda Melestarikan Kebudayaan Indonesia Melalui Inovasi KBKM: Website Borobudurside dan Aplikasi Rankanda” di Kamp Kebudayaan Remaja (KBKM) .

Workshop ini dilaksanakan pada hari Senin tanggal 19 Agustus 2024 pukul 10:30 s/d 12:00 WIB dalam mode campuran di Stasiun MRT Bundaran HI Lantai 2 dan dapat diakses secara online melalui Zoom dan channel YouTube Kemah Budaya.

KBKM merupakan program yang bertujuan untuk mendorong generasi muda menjadi agen perubahan melalui pelestarian dan pengembangan kebudayaan Indonesia. 

Beragam karya budaya yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat berhasil diciptakan generasi muda melalui pembelajaran daring dan residensi di daerah-daerah terpilih.

Workshop ini bertujuan untuk menciptakan wadah bagi generasi muda untuk belajar dan mendiskusikan peran aktif mereka dalam melestarikan dan mengembangkan warisan budaya Indonesia melalui pendekatan sains, teknologi, teknik, seni dan matematika.

Siti Uthami Harianthi, ketua kelompok perkemahan budaya pemuda yang memimpin lokakarya mengatakan, lokakarya ini untuk mendukung dan mensosialisasikan kreativitas budaya lulusan KBKM khususnya di bidang penerapan dan memantik rasa ketertarikan. Peserta seminar berperan aktif dalam proses pengembangan kebudayaan.  

Dalam lokakarya tersebut, peserta berkesempatan mendengar dari konsultan KBKM Julend Ghatak (Universitas Bin Nusantar) tentang bagaimana menginspirasi inovasi budaya, serta mendengar kisah sukses alumni KBKM yang berhasil menciptakan inovasi budaya. Mereka berguna bagi masyarakat. 

Mahasiswa KBKM 2022 Magellan ini memperkenalkan platform borobudurside.com yang dikembangkan oleh Hirlan Maulana, memuat fitur peta temuan arkeologi dan fakta situs candi sehingga masyarakat yang mengakses situs tersebut dapat menemukan hal yang sama. Pengalaman tiba langsung di situs cagar budaya.

Pada KBKM Tahun 2023 yang diselenggarakan di Belitung Timur, salah satu wisudawan Mohamed Naufal Bagaskara menampilkan karyanya “Rangkanada” yaitu aplikasi alat musik tradisional Bangka Belitung yang berisi video, permainan dan alat musik tradisional Belitung Timur yang hampir hilang di tiga tempat. format dimensi.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *