Cek Fakta: Suporter Timnas Belanda Kibarkan Bendera Indonesia di Euro 2024

VIVA – Rekaman video suporter Timnas Belanda yang mengibarkan bendera Indonesia pada laga Euro 2024 viral di media sosial.

Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @il_capolista. Hingga Selasa, 16 Juli 2024, video tersebut telah ditonton lebih dari 2,1 juta kali, mendapat 55,9 ribu suka, dan ratusan komentar bersih.

Menurut Tiyani Reynders, bendera Indonesia dikibarkan oleh suporter Belanda. “Bendera Indonesia berkibar seiring Belanda bermain di Piala Eropa,” demikian bunyi unggahan cerita tersebut.

Lantas, benarkah bendera Indonesia akan berkibar di Euro 2024?

Berdasarkan penelusuran VIVA, rekaman tersebut mirip dengan video yang diunggah di akun resmi X (Twitter) timnas Belanda @OnsOranje pada Rabu, 3 Juli 2024. 

Dalam unggahan tersebut terlihat beberapa pemain Belanda menyapa fansnya di tribun penonton.

Gambar diambil setelah De Oranje lolos ke perempat final Euro dengan mengalahkan Rumania 3-0 di Allianz Arena pada Selasa, 2 Juli 2024 di Munich.

Tiga gol Belanda dicetak Cody Gakpo pada menit ke-20, dan dua gol lainnya dicetak Donyell Malen pada menit 83′ dan 90+3′.

Di saat yang sama, bendera merah putih berukuran raksasa yang diduga dikibarkan suporter Timnas Belanda juga hilang dari foto tersebut.

Jadi jelas foto suporter Belanda yang mengibarkan bendera Indonesia itu telah direkayasa, yakni palsu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *