Keren! 2/3 Royalti Musisi Indonesia Berasal dari Pendengar di Luar Negeri

Viva Showbiz – Musisi Indonesia belakangan ini tengah menarik perhatian pecinta musik dari berbagai belahan dunia.

Dalam laporan tahunan Loud & Clear, semakin banyak artis Indonesia yang ditemukan oleh khalayak global dan menunjukkan bagaimana streaming telah menjadi kekuatan yang kuat dalam industri musik yang terus berkembang, mendemokratisasi akses penonton dan memungkinkan artis dari seluruh penjuru. Demi kebaikan dunia

Laporan terbaru Loud & Clear untuk artis Indonesia di Spotify pada tahun 2023 mengungkap pertumbuhan yang fenomenal. Yuk lanjutkan scroll artikel lengkapnya di bawah ini

Artis Indonesia telah ditemukan lebih dari 5,1 miliar kali oleh pendengar baru, dengan lebih dari 3.600 artis Indonesia ditambahkan ke daftar editorial, sehingga meningkatkan visibilitas dan jangkauan mereka secara signifikan.

Pentingnya peran streaming dalam memajukan industri musik yang beragam dan dinamis di Indonesia terlihat dari data yang menunjukkan bahwa sekitar 60 lagu di chart harian Top 50 Indonesia dimasuki oleh artis Tanah Air.

Hal ini semakin menegaskan kecintaan penonton terhadap seniman lokal dan karya yang mereka hasilkan

Dampak streaming juga terlihat secara finansial dalam memperluas peluang bagi seniman secara global

Menurut Spotify, pada tahun 2023, royalti yang dihasilkan artis Indonesia di Spotify akan meningkat hampir tiga kali lipat dari jumlah yang dihasilkan pada tahun 2021 dan telah meningkat lebih dari 1.500% sejak tahun 2017.

Lebih dari 70 persen seluruh royalti yang dihasilkan artis Indonesia di Spotify pada tahun 2023 akan berasal dari artis atau label independen.

Sementara itu, dalam hal ekspor musik, semakin banyak karya seniman Indonesia yang berhasil melintasi batas bahasa dan budaya.

Pada tahun 2023, lebih dari dua pertiga royalti yang dihasilkan artis Indonesia akan berasal dari penonton luar negeri, hal ini menunjukkan besarnya daya tarik musik artis Indonesia. 

Selain itu, artis yang membawakan lagu di Indonesia telah mengalami pertumbuhan royalti Spotify secara keseluruhan sebesar 521% sejak tahun 2018, yang mencerminkan meningkatnya apresiasi global terhadap musik berbahasa Indonesia.

“Pertumbuhan artis Indonesia sangat luar biasa, dan berdasarkan riset kami, kami yakin akan ada lebih banyak lagi gelombang di masa depan. Spotify akan menjangkau dan menjangkau khalayak global musik Indonesia,” ujar Kosi Nag, Head of Music Spotify Southeast Asia, pada konferensi pers di Jakarta Selatan, Rabu 17 Juli 2024

Sementara itu, musisi indie populer ini mengungkapkan bahwa streaming membantunya menjangkau lebih banyak penonton dan memperluas kehadirannya.

“Streaming memberikan artis seperti saya kesempatan langsung untuk menjangkau penonton di seluruh dunia,” kata Hindu.

“Saya bangga melihat bagaimana musik Indonesia bisa terhubung dengan penonton di dalam dan luar negeri, dan itu menginspirasi kami untuk terus maju,” jelas Hindu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *