Amankan ASEAN Cup U-19, Polda Jatim Siagakan 2.959 Personel Gabungan

Surabaya – Kapolda Jawa Timur Irjen Imam Sugianto menyiagakan 2.995 anggota Staf Gabungan TNI-Polri untuk mempertahankan Piala ASEAN atau Piala AFF U-19 di Surabaya.

Hal itu diungkapkan Irjen Imam saat Sidang Pasukan Keamanan U-19 Piala AS24 yang digelar pada Selasa, 16 Juli 2024 di Mapolda Jatim, Surabaya, Jawa Timur.

“Dengan jumlah pasukan sebanyak ini, saya yakin kita bisa mencakup seluruh fasilitas yang digunakan pada rangkaian Piala AFF,” ujarnya.

Dijelaskannya, ada dua stadion di Surabaya yang nantinya akan digunakan untuk pertandingan Piala ASEAN U-19, yakni Gelora Bung Tomo (GBT) dan Gelora 10 November Tambaksari.

“Pengamanan terutama difokuskan pada tempat, kegiatan dan peserta. Karena di sana banyak WNA, maka kami tunjuk petugas keamanan sebagai LO,” kata Imam.

Pihaknya juga akan memberikan pengawasan di luar pertandingan jika tim peserta ingin melakukan aktivitas di luar jadwal pertandingan.

“Jika para peserta ini ingin sering mengunjungi kawasan wisata atau di luar jadwal pelatihan atau kompetisi, kami dapat mengontrol mereka dan memastikan keamanan perjalanan mereka,” tegas Imam.

Dijelaskannya, Piala ASEAN U-19 akan dimulai besok, 17 Juli 2024. Tim dari 12 negara berpartisipasi dalam acara internasional ini. Meski diperkirakan tak akan seru seperti laga Liga 1 Indonesia, namun Imam memastikan pengamanan tetap dijaga dengan serius untuk memastikan seluruh tim asing aman dan nyaman di Surabaya.

“Ini adalah ajang internasional di mana kami harus mengikuti standar FIFA dan aturan yang disepakati bersama. “Mudah-mudahan bisa kita pertahankan, kita pertahankan sampai berhasil,” kata Imam.

Di sisi lain, Pemkot Surabaya telah merenovasi seluruh fasilitas di dalam dan luar stadion tempat digelarnya pertandingan Piala AFF U-19. Semuanya dibuat sesuai standar FIFA. Termasuk sistem pembuangan sampah TPA Benowo yang letaknya tak jauh dari GBT.

Wali Kota Surabaya Eri Kahyadi mengatakan, tumpukan sampah tersebut ditutup dengan geomembrane, namun ada sebagian yang rusak sehingga harus dipasang kembali untuk menutupi seluruhnya. Dengan begitu, kami berharap bisa meredam bau tersebut agar tidak mengganggu pertandingan GBT Piala AFT U-19.

Skema tersebut mencakup pemberian jadwal pembuangan sampah di TPA Benowo. “Kalau ada pertandingan, tidak ada sampah yang terbuka,” kata Eri usai berkunjung ke Stadion Surabaya, Senin, 15 Juli 2024.

Timnas U-19 Indonesia tergabung di Grup A Piala ASEAN 2024 bersama Timor Timur, Kamboja, dan Filipina.  

Tim asuhan Indra Safri itu akan melakoni laga perdananya melawan Filipina pada Rabu (17/7), disusul Kamboja pada Sabtu (20/7) dan terakhir Timor Leste di Gelora pada Selasa (23/7). Stadion Bung Tomo Surabaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *