Inspirasi Merayakan Hari Kemerdekaan, Memberi dan Berbagi

JAKARTA, VIVA–Hari Kemerdekaan Indonesia yang diperingati setiap hari pada tanggal 17 Agustus merupakan momen bersejarah yang penuh makna bagi seluruh Indonesia. Selain sebagai ajang merayakan jasa para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan, momen ini juga menjadi momen yang tepat untuk memupuk semangat persatuan, nasionalisme, dan kepedulian terhadap sesama. 

Salah satu cara merayakan Hari Kemerdekaan yang bisa menginspirasi adalah dengan berbagi dan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat, seperti yang dilakukan Wanda House of Jewels. Gulir, oke?

1. Berbagi kepada yang membutuhkan

Cara merayakan Hari Kemerdekaan yang paling penting adalah dengan berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan. Wanda House of Jewels memberikan contoh inspiratif dengan mendonasikan 100% hasil penjualan 30 kalung berlian untuk pembangunan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Sumba, Nusa Tenggara Timur. Tindakan ini tidak hanya membantu meningkatkan kualitas pendidikan di daerah terpencil, namun juga menunjukkan bagaimana dunia usaha dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Setiap proyek sekolah melibatkan masyarakat setempat untuk meningkatkan perekonomiannya,” kata Wanda.

Anda juga bisa merayakan Hari Kemerdekaan dengan cara serupa. Misalnya saja mengumpulkan donasi untuk membantu anak-anak miskin, mendukung program pemberdayaan masyarakat atau memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena bencana alam. Berbagi tidak selalu harus dalam bentuk materi, tapi bisa juga dalam bentuk waktu, tenaga atau ilmu.

2. Menyelenggarakan kegiatan sosial

Selain berbagi, Anda juga bisa merayakan Hari Kemerdekaan dengan mengadakan kegiatan sosial di lingkungan sekitar. Kegiatan seperti bakti sosial, gotong royong membersihkan lingkungan atau pelatihan keterampilan bagi warga sekitar dapat memperkuat ikatan sosial dan meningkatkan solidaritas. Kerja sosial seperti ini juga merupakan peluang untuk mengembangkan nilai-nilai kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama.

Wanda Ponica, pendiri Wanda House of Jewels, menjelaskan kegiatan sosial dapat dilakukan secara konsisten dan sistematis. Selama lima tahun terakhir, ia telah mendirikan 10 sekolah di kawasan timur Indonesia, sebuah contoh nyata dedikasinya terhadap pendidikan dan masa depan anak-anak bangsa. Anda bisa mengikuti jejak mereka dengan memulai aktivitas yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan orang-orang di sekitar Anda.

Wanda mengatakan, “Dulu kami fokus membangun sekolah kecil. Sekarang kami mencari sekolah yang memiliki jumlah siswa banyak tetapi kondisinya buruk, kemudian kami akan mengubahnya menjadi sekolah yang lebih besar.”

3. Memanfaatkan Media Sosial untuk Memotivasi

Di era digital ini, media sosial menjadi alat yang sangat efektif untuk menyebarkan inspirasi dan memotivasi orang lain. Wanda Ponica diketahui aktif di media sosial dan kerap berbagi pandangannya tentang berbagai isu sosial, termasuk kepeduliannya terhadap pendidikan. Dengan menggunakan platform seperti Instagram, Facebook atau Twitter, Anda dapat mengajak teman dan pengikut Anda untuk bergabung dalam gerakan baik, baik dalam bentuk donasi, edukasi, atau kampanye penggalangan dana.

Dengan berbagi kisah inspiratif, Anda dapat mendorong orang lain untuk berkontribusi. Misalnya, Anda bisa berbagi cerita tentang dampak positif dari bakti sosial yang Anda lakukan atau menginformasikan kebutuhan mendesak yang bisa segera diatasi dengan bantuan banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *