Warga Korea Selatan Ramai-ramai Jual Mobil Listrik Miliknya, Ini Penyebabnya

Jakarta, VIVA – Banyak masyarakat di Korea Selatan yang panik dengan penjualan mobil listrik. Hal ini tidak lepas dari kebakaran mobil listrik yang terjadi beberapa waktu lalu yang menimbulkan banyak kerusakan.

Pada tanggal 1 Agustus terjadi kebakaran kendaraan listrik (EV) di dalam apartemen. Bangunan itu dengan cepat dihancurkan oleh api.

Kejadian bermula ketika mobil listrik Mercedes-Benz EQE 350+ terbakar saat diparkir di bawah bangunan tempat tinggal. Petugas membutuhkan waktu delapan jam untuk memadamkan api. 

Insiden tersebut menyebar ke 140 mobil lain yang diparkir di dekatnya. Insiden tersebut membuat Kementerian Lingkungan Hidup Korea Selatan mengumumkan rencana mengadakan pertemuan darurat untuk membahas masalah kebakaran yang disebabkan oleh kendaraan listrik.

Menurut VIVA Automotive DW, banyak orang yang menjual mobil listrik Mercy EQE di Korea Selatan karena peristiwa ini. Lebih dari 100 unit terdaftar untuk dijual di SK Encar, platform jual beli mobil bekas paling banyak di Korea Selatan. 

Pada 16 Agustus, total EQE yang ditawarkan untuk dijual di platform tersebut mencapai 115 unit. K Car, platform jual beli mobil lainnya, mencatatkan peningkatan penjualan mobil listrik sebesar 184 persen pada minggu pertama Agustus dibandingkan minggu sebelumnya.

Hal ini langsung berdampak pada harga mobil listrik di Korea Selatan. Sebelum kebakaran, EQE dijual Rp 811,4 juta, turun dari 60 juta won menjadi 70 juta won atau Rp 695,5 juta.

Saat ini, harga EQE 300 2023 adalah 59 juta won atau sekitar Rp 683,9 juta, sekitar 1,06 miliar dari harga baru. Hyundai digadang-gadang sebagai produsen mobil listrik nomor satu di Korea Selatan.

Oleh karena itu, Hyundai membuat program khusus berupa diskon 5 juta won untuk Kona Electric dan diskon 10 persen untuk Ioniq 5. Bahkan, Genesis menurunkan harga hingga 5 persen di semua model.

Pabrikan Eropa seperti BMW juga menawarkan lebih dari 12 persen i7 dan iX. Audi juga melakukan sesuatu yang menarik dengan menawarkan diskon hingga 30 persen untuk model e-tron, termasuk varian performa RS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *