Mengubah Gaya Hidup dengan Nutrisi, Inovasi Terkini di Industri Makanan

Jakarta, VIVA – Pangan merupakan salah satu kebutuhan manusia yang tidak hanya menjadi sumber energi tetapi juga berkaitan dengan kualitas kesehatan. Di zaman sekarang ini sangat mudah untuk menemukan berbagai jenis makanan, sangat penting bagi kita untuk lebih memilih apa yang kita makan.

Makanan sehat tidak hanya membuat tubuh tetap kuat, tapi juga berperan dalam mencegah berbagai penyakit yang dapat mempengaruhi kualitas hidup. Cari tahu lebih lanjut, oke?

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Makanan tersebut antara lain karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan serat. Bila asupan seluruh nutrisi tersebut dalam tubuh tercukupi dan seimbang, maka berbagai fungsi tubuh akan berjalan lancar, mulai dari metabolisme, pertumbuhan sel hingga pertahanan tubuh.

Salah satu manfaat utama mengonsumsi makanan sehat adalah pencegahan penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker. Pola makan yang kaya buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak dapat mengurangi risiko terkena penyakit ini.

Penelitian menunjukkan bahwa pola makan seimbang juga berdampak pada kesehatan mental. Makanan kaya omega-3, vitamin B, dan antioksidan dapat membantu mengurangi risiko depresi dan meningkatkan mood.

Pilihlah makanan sehat yang rendah kalori namun kaya nutrisi untuk membantu menjaga berat badan. Obesitas yang disebabkan oleh pola makan yang buruk merupakan faktor risiko utama berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung dan diabetes.

Di tengah maraknya makanan cepat saji yang tersedia dengan harga terjangkau, masyarakat seringkali tergoda untuk memilih makanan yang sehat namun rendah nutrisi. Situasi ini diperburuk oleh kurangnya pendidikan tentang pentingnya pola makan seimbang dan dampak jangka panjang dari gizi buruk.

Indonesia sebagai negara dengan sumber daya alam yang melimpah mempunyai potensi yang besar dalam pemanfaatan pangan yang sehat dan berkualitas. Namun tantangannya terletak pada bagaimana masyarakat dapat digiring untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat, bukan sekedar lebih murah dan mudah didapat.

Industri makanan dan minuman berperan penting dalam mendukung upaya membangun masyarakat sehat dengan menawarkan produk-produk yang tidak hanya enak, tetapi juga istimewa. Seperti yang dikatakan Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI), Adhi S. Lukman, sektor ini berkontribusi besar terhadap PDB negara, namun juga berperan dalam mendorong pilihan terbaik yang memberikan kesehatan.

Salah satu contoh nyatanya adalah PT Lautan Natural Krimerindo (LNK) yang terus berinovasi dalam menciptakan produk-produk bermanfaat seperti FiberCreme dan Lautan Naturale. Produk-produk ini tidak hanya dirancang untuk mendukung kesehatan konsumen, tetapi juga sejalan dengan tren internasional dalam konsumsi makanan nabati dan rendah gula. Pada ajang Food Asia (FIA) 2024, LNK kembali menegaskan komitmennya dalam memberikan solusi pangan sehat kepada konsumen, tidak hanya pasar domestik dan internasional.

“Perusahaan seperti LNK memiliki teknologi yang memungkinkan mereka memproduksi makanan dan minuman sehat yang memenuhi kebutuhan konsumen modern,” jelas Prof. Purwiyatno Hariyadi, Dewan Penasihat dan Ilmuwan Senior SEAFAST.

Mereka juga akan mengikuti pameran bergengsi Food Ingredients Asia (FIA) 2024 yang rencananya akan digelar pada 4-6 September 2024. Pada acara ini, LNK akan menampilkan inovasi terbarunya yang sejalan dengan status kesehatan dan performa. pangan, sesuai dengan upaya Pemerintah untuk menyediakan pangan yang baik kepada masyarakat luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *