Inspiratif, 3 Sosok Ini Sukses Wujudkan Semangat Makna Kemerdekaan Kembangkan Potensi

Jakarta, VIVA – Memang demokrasi selalu mulai berperang dengan dirinya sendiri. Setiap orang tanpa sadar menghadapi tantangan dan mengatasi ketakutannya setiap hari untuk menemukan makna kebebasan dalam hidupnya.

Dalam semangat perayaan HUT RI ke-79 tahun ini, Shopi berbagi kisah tiga orang inspiratif yang menemukan makna kemerdekaannya. Mari kita lanjutkan dengan semua komentar di bawah.

Kisah inspiratif ketiga orang luar biasa ini menunjukkan tekad dan perjuangan mereka untuk membuat perubahan dalam hidup mereka, sehingga berdampak positif pada kehidupan orang-orang di sekitar mereka.

Ada cerita tentang kesulitan seorang mantan teknisi kabel yang kini menjalankan bisnis sukses, seorang ayah tunarungu yang menjadi wiraswasta sebagai mitra ShopeeFood, dan seorang ibu rumah tangga yang mewujudkan impiannya sebagai pembuat konten.

Teknologi membantu mereka menemukan arti kebebasan bagi semua orang. Mantan insinyur kabel yang menjadi pengusaha sukses Ahmad Ardi Kurniawan (33) adalah contoh utama bagaimana kegagalan bukanlah akhir dari sebuah perjalanan, namun awal dari sebuah era baru.

Pria asal Jawa Tengah ini memutuskan berhenti dari pekerjaannya sebagai teknisi kabel dan mengadu nasib di dunia bisnis, mulai dari menjadi pengusaha hingga beternak ayam. Namun sayangnya usaha Ardi tidak ada yang berhasil.

“Awalnya saya ingin mencari pekerjaan lagi, karena saya sangat terpukul dengan kegagalan bisnis ayam tersebut. Namun pada akhirnya saya membeli 35 baju plisket dari sisa 3 juta yang saya miliki dan mencoba menjualnya di Shopee. Brand Gosis Online laris manis. “Dalam tiga bulan pertama, omzet saya dari modal awal akan bertambah ratusan kali lipat,” kata Ardi.

Ardi mengaku kurang puas dengan kesuksesan awal pembuatan Gosis Online.

“Teknologi berkembang sangat pesat, sehingga saya selalu berusaha untuk belajar lebih banyak dan meningkatkan keterampilan serta ide bisnis saya. Saya mengoptimalkan penggunaan fitur dan layanan Shopee. “Sebagai penjual, kita harus berani berinvestasi pada periklanan seperti Iklan Shopee. , Kampanye shopee, voucher shopee, shopee live, dll. Ini akan mengembangkan bisnis kami,” katanya.

Berkat pesatnya pertumbuhan bisnis Gosis Online, Ardi mampu membangun rumah untuk keluarganya dan membangun toko untuk produsen di kawasan Tangerang. Kini, Ardi dan 18 karyawannya berusaha membantu lebih banyak orang dengan menciptakan bisnis Gosis Online.

Rizki Ramadhan; Teknologi hadir untuk tunarungu Setelah setiap pesanan bahan makanan di ShopeeFood, banyak jalan terbuka.

Salah satunya adalah kesempatan yang diberikan kepada Rizki Ramadhan (46), seorang penyandang tunarungu yang berprofesi sebagai Driver ShopeeFood. Sebelum bergabung dengan ShopeeFood, Rizki bekerja di sebuah perusahaan swasta sebagai resi selama delapan tahun.

Dia dipecat dan kesulitan mencari pekerjaan baru. Dia berusia 46 tahun dan keterbatasannya semakin bertambah.

“Dulu aku pernah dipecat, aku susah sekali mendapat pekerjaan, bukan karena umurku, aku juga tuli. Banyak yang menganggap orang tuli seperti aku dan teman-teman yang lain tidak mampu, padahal sebenarnya teman-temanku yang tuli berpikir bahwa mereka bisa. Kalau ada kesempatan, laksanakan betulan,” kata Rizki.

Pada awal tahun 2024, ia mendaftar sebagai driver ShopeeFood dan mulai menghirup udara segar ketika pesanan masuk dengan baik. Dalam sehari, Rizki bisa memenuhi puluhan pesanan di wilayah Pamulang dan sekitarnya.

“Saya senang karena amanahnya bisa baik. Rizki berkata, ‘Alhamdulillah, saya bisa membiayai makan, biaya sekolah anak saya, listrik dan biaya hidup dalam satu hari.’

Rizki yakin setiap orang, termasuk teman-temannya yang tunarungu, bisa berkembang jika diberi kesempatan yang sama.

Ia mengatakan, “Saya berharap teman-teman tunarungu yang lain juga ikut bergabung di ShopeeFood dan semakin banyak lagi teman-teman tunarungu yang semakin memperkuat bisnisnya, karena saat ini banyak yang merugi. Teruslah berkarya.”

Nella, perempuan termotivasi dengan tanggung jawab ganda dalam keluarganya, berjuang membangun rumah impiannya dengan memanfaatkan orang-orang Nella Sajida Talfa (33). Selain menjadi ibu rumah tangga, Nella bekerja di industri penerbangan dan menjadi pembuat konten.

Nella bermula dari hobi berbagi inspirasi produk muslim dan memanfaatkan Shopee Live untuk mendapatkan uang tambahan. Nella aktif memproduksi konten live streaming di Shopee Live sejak November 2023.

Melalui akun @nellasstyle di Shopee, Nella mempromosikan dan menjual gamis berkualitas buatan UKM lokal. Hanya dalam waktu satu bulan, Nella bisa langsung menyewa dua streamer untuk membantunya membuat konten.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *