Mana yang Lebih Baik ke Daycare atau Rawat Anak Sendiri? Begini Tanggapan Dokter Ardi Santoso

JAKARTA, WIWA – Belakangan ini heboh di media sosial terkait layanan penitipan anak yang membuat masyarakat khawatir. Tak ayal, bocah berusia 2 tahun diduga dianiaya oleh pemilik tempat penitipan anak di Depok, Jawa Barat. 

Sontak, kejadian tersebut membuat sejumlah warga khawatir meninggalkan anaknya di tempat lain, meski tidak tersedia tempat penitipan anak. Kekhawatiran ini sering dilontarkan oleh para orang tua, terutama para ibu, yang ingin meninggalkan anaknya bekerja.

Tidak dapat dipungkiri bahwa ada beberapa pilihan untuk mengatasi kendala tersebut. Pilihannya adalah menitipkan anak pada babysitter, mengurusnya sendiri, atau mengandalkan jasa babysitter atau pengasuh anak.

Tentu saja, memutuskan apakah akan mengasuh atau mempertahankan babysitter merupakan masalah yang sering dihadapi para orang tua yang bekerja.  Keduanya tetap memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga pilihan yang tepat sangat bergantung pada kebutuhan dan kesukaan keluarga.

Jadi pertanyaannya, mana yang lebih baik: mengasuh anak di rumah, membantu pengasuh, atau mempercayakan pengasuhan anak kepada anak? Gulir ke bawah untuk membaca artikel selengkapnya di bawah ini.

Mana yang lebih baik untuk mengasuh anak?

Ada beberapa pilihan dalam mengasuh anak, mulai dari mengasuh anak, mengasuh anak, keluarga asuh, memanggil babysitter, atau menyewa babysitter. Tentu saja masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Jadi berbicara tentang mempercayakan pengasuhan anak kepada anak Anda sebenarnya bukanlah pilihan yang salah atau buruk. Hanya saja tidak masalah jika taman kanak-kanaknya cocok di sini. 

Soalnya, jika ada tempat penitipan anak atau tempat penitipan anak yang dilecehkan dan tidak mengikuti aturan pemerintah, maka ada laporan kejadian seperti yang terjadi di Depok.

“Penitipan anak itu jelek, oh tidak juga, ya, tempat penitipan anak itu bagus asalkan ada di tempatnya, kalau anak di rumah, daripada tidur, aku akan meninggalkan babysitternya sendirian, tempat penitipan anak karena itulah yang namanya babysitter. 8/2024 Cuplikan video yang diposting di channel YouTube Kasikh Solus pada Rabu (21):

“Ingat, hidup itu susah, kamu permudah, kamu sayang banget sampai nggak bisa berbuat apa-apa, jadi kita harus latih dari awal biar bisa mandiri, begitulah salah satu orang tua yang sebenarnya. . filsafat,” katanya.

“Jaga dia tetap aman, tapi jangan tinggalkan gua, kita masih perlu menemuinya.”

Selain itu, dr Ardi Santoso mengutarakan pendapatnya apakah lebih baik mengasuh anak atau mempercayakan pengasuhan anak kepadanya. Menurut dia, pengasuhan anak akan lebih terkendali jika aturan yang ada sudah jelas.

Saat ditanya mana yang lebih baik, jelasnya. “Kalau aku, itu parenting gan, asalkan aturannya jelas, dan semua aturannya dipatuhi dengan baik.”

“Bang, kataku, hidup ini tidak sempurna, sekarang abang, anak-anak banyak, orang tua di rumah, tapi rasanya seperti tidak ada orang tua di rumah, semua orang memegang ponsel, kita datang ke tempat kerja. Sorenya anak-anak sudah besar dan harus berkembang, mau tidak mau kita tinggalkan di sekolah gan,” ujarnya.

Para dokter spesialis anak ini menyarankan untuk memberikan penitipan anak pada anak karena dipercaya dapat membantu anak mudah berkomunikasi, menjaga nutrisi, menjaga kedisiplinan dan masih banyak lagi.

Studi Perkembangan Anak Usia Dini dari Institut Kesehatan Anak dan Pembangunan Manusia (NICHD) adalah studi terbesar dan terlengkap mengenai dampak penitipan anak terhadap perkembangan anak di Amerika Serikat.

Mengutip Psychology Today, penelitian ini melibatkan lebih dari 1.000 anak dan mengikuti mereka hingga usia 18 tahun untuk mengetahui efek jangka panjang dari berbagai jenis penitipan anak (penitipan di rumah oleh pengasuh atau kerabat; penitipan anak).

Para peneliti menemukan sedikit perbedaan perkembangan pada anak yang diasuh oleh anggota keluarga atau pengasuh keluarga dibandingkan dengan anak di tempat penitipan anak. 

Secara khusus, anak-anak yang dirawat selama lebih dari 6 bulan mengalami peningkatan perkembangan kognitif dan bahasa pada usia 3 tahun, keterampilan membaca pada usia 4,5 tahun, dan lebih sedikit masalah perilaku pada usia 2 dan 3 tahun dibandingkan anak-anak yang tidak dirawat.

Umpan balik rekan

Tak disangka, perilisan video tersebut menuai reaksi beragam dari rekan-rekan di media sosial.

“Akan lebih baik jika pembawa acara tidak menyela saat sumber sedang berbicara,” tulis temannya.

“Saya seorang ibu rumah tangga, saya mempunyai 2 anak, anak pertama berumur 4 tahun, anak kedua berumur 1,5 tahun, anak pertama mulai bersekolah pada tahun ajaran baru ini, dan saya memutuskan untuk masuk TK. Alasannya sangat sederhana, karena ketika saya di rumah, saya melihat dia ingin sekali bermain dengan ponselnya, dia marah jika saya tidak diperbolehkan keluar, padahal saya menyediakan segala macam mainan bahkan menemaninya. belajar, kakak laki-lakinya tidak memperhatikan karena dia tidak mau melihat ponselnya, dan aku menyadari bahwa anak laki-laki itu membenciku karena dia suka pergi bersama neneknya. Alasannya aku tak tega untuk marah, aku mengorbankan pekerjaanku demi mendampingi anakku di rumah, namun aku kesal jika anakku tak mau bersamaku, anakku sangat manja. Enggak kok teman-temannya, pengasuhnya, alhamdulillah semuanya aman selama 1 bulan terakhir ini,” tulisnya.

“Dokter, jika saya akan merawat bayi itu, betapapun baiknya, saya tetap tidak percaya padanya… Saya tidak percaya pada orang lain dan bidan. Kalau aku punya pekerjaan, aku… Aku akan mengambil cuti untuk melihat bayinya… Aku masih belum bisa menjadi ibu yang baik untuk bayinya, aku tidak percaya,” sahut yang lain.

Yang lain menulis: “Sebagai seorang ibu, menurutku dr. Ardie juga sama ya?”

“Dan saya adalah salah satu dari orang-orang yang merasa tempat penitipan anak sangat membantu. Ketika anak kedua lahir, tidak mungkin meninggalkannya di bawah pengawasan neneknya, karena ia juga kasihan pada neneknya. Kedua, anak kedua tidak mau minum dari botol, disusui langsung dari “pabrik” dan yang terpenting jaraknya sangat dekat dengan kantor (saat itu). Selama saya punya bayi (3 bulan sampai 3 tahun), tidak ada keluhan dari anak-anak maupun saya.

“Saya seorang ibu bekerja, saya memberi makan kedua anak saya dari umur 3 bulan, anak pertama saya berumur 5 tahun… Alhamdulillah, dia mandiri dan disiplin, tahu kapan dia mau makan dan apa yang dia lakukan. Mau tidur jam berapa, membaca Al Quran jam berapa, mau tidur jam berapa?

“Untuk saat ini lebih baik bersama orang tua yang memiliki konsep parenting yang baik, namun jika ada kesempatan untuk menitipkannya kepada kakek dan nenek, lihatlah dulu pendidikannya, jika bisa memanjakannya dan membiarkan mereka bermain di ponselmu, itu saja. lebih baik lagi rawat mereka,” kata yang lain.

“Iya setuju..jadi kalau anakku awalnya minta sesuatu dan mengambilnya tanpa menunjuk, aku jadi kesal sampai tidak tega melihatnya menunggu terlalu lama..tapi salah hahaha..gara-gara itu ; kebiasaannya, anak saya juga agak telat bicara Kiri, anak lain belum genap 2 tahun, perlu dirawat, dokternya masih normal, tapi saya perlu lebih banyak bicara dengannya, jadi dia lebih kesal. ..”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *