Sarwendah Ungkap Perjuangan Melawan Kista Batang Otak di Tengah Proses Perceraian

Jakarta, VIVA – Kabar perceraian Ruben Onsu dan Sarwendah Tan belakangan ini santer terdengar. Di tengah proses perceraian yang tengah berlangsung, terungkap bahwa Sarwendah juga tengah mengidap penyakit serius.

Dalam podcast bersama Melaney Ricardo, Sarwendah mengungkap dirinya sudah dua tahun menderita penyakit kista otak. Kondisi ini tentu menjadi pukulan telak bagi dirinya dan keluarga.

“(Kista) itu ada di batang otak, jadi batang otak (kista) itu menempel di otak kecil bagian bawah,” kata Sarwendah Tan, dikutip dari kanal YouTube Melaney Ricardo, Minggu, 4 Juli 2024.

Sarwendah juga mengungkapkan, penyakit ini kemungkinan belum bisa disembuhkan sepenuhnya. “Tidak ada yang bisa kamu lakukan, Kak,” kata Sarwendah.

Lebih lanjut ibu tiga anak ini menjelaskan, kemungkinan dilakukannya operasi pengangkatan kista sangat berbahaya.

 “Oleh karena itu, risikonya istilahnya lumpuh. Karena di otak ada keseimbangan. Jadi saya seperti bahasa, bingung,” ujarnya.

Melihat risiko tersebut, wanita kelahiran 29 Agustus 1989 ini memutuskan untuk tidak menjalani operasi dan berusaha berdamai dengan situasi yang dialaminya.

“Selama tidak mengganggu aktivitas, tidak apa-apa hidup dengan kista tersebut,” tegasnya.

Meski demikian, mantan anggota Cherrybelle itu masih menjalani pemeriksaan kesehatan untuk memantau perkembangan kistanya. Sarwendah menuturkan, dirinya memeriksakan kesehatannya setiap enam bulan sekali, dan hasil pemeriksaan terakhir menunjukkan kistanya tidak membesar.

“Tapi tetap harus kita rawat, kemarin kita cek enam bulan, setahun lagi kita cek tumbuh atau tidak. “Sejauh ini muntah-muntah kemarin tidak parah, untung saja,” tegasnya.

FYI, kista otak adalah kantung berisi cairan yang disebabkan oleh penumpukan cairan di otak, yang bisa bersifat kanker atau tidak. Kista otak non-kanker juga dapat menimbulkan masalah dengan menekan jaringan otak dan menyebabkan sakit kepala, gangguan penglihatan, atau mual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *