Perempuan Indonesia Banget, Ini Alasan Putri Marino Suka Pakai Kebaya

JAKARTA – Tanggal 24 Juli ditetapkan pemerintah Indonesia sebagai hari kelapa nasional melalui Keputusan Presiden No. 19 Tahun 2023. Keputusan ini untuk menjaga dan melestarikan kabbaya yang sudah menjadi aset budaya yang sangat berharga.

Menyambut hari istimewa tersebut, Putri Marino sebagai wanita asli Indonesia sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat yang masih ingin mengenakan kebaya di era modern ini. Menurut Putri Marino, anak muda yang ingin mengenakan kebaya harus percaya diri karena tampil anggun dengan pakaian adat.

Kabaya sendiri sangat mengenal Putri Marino. Berkat tumbuh besar di Pulau Dewata, Putri Marino memiliki banyak koleksi kebaya. Seringkali, ia dan keluarganya mengenakan kabbaya untuk upacara keagamaan di Bali.

“Saya besar di Bali di mana kebaya menjadi bagian dari hidup saya. Saat kecil, saya pulang ke Singaraja untuk menghadiri upacara dan saya bersemangat memilih kebaya untuk upacara tersebut,” kata Putri Marino dalam konferensi pers. untuk peluncuran film Kebaya Kala Kini di Jakarta pada Selasa 23 Juni 2024.

Putri Marino juga kerap meniru orang tua dan keluarganya yang terbiasa mengenakan kabbaya dalam aktivitas sehari-hari. Bahkan nenek Putri Marino pun suka tidur dengan gaun dan kayaba yang hanya ia kenakan ke sebagian besar acara resmi.

Di era modern ini, banyak generasi muda yang mengetahui pentingnya melestarikan budaya Indonesia. Namun banyak orang yang menghindari penggunaan kabaya karena khawatir terlihat kuno. Oleh karena itu, Putri Marino berharap film pendek yang dirilis Bakti Budaya Djarum Foundation ini dapat memacu generasi muda untuk semakin percaya diri mengenakan kabaya.

“Generasi jaman sekarang banyak yang takut pakai kebaya, mungkin bebannya berat atau terlihat tua kalau pakai kebaya. Harapan saya dari film ini, banyak generasi jaman sekarang yang ingin memakai kebaya setiap hari. Bisa dipadukan dengan jeans, sneakers, menjadikan kebaya sebagai rutinitas sehari-hari, kata Putri Marino.

Film pendek Kebaya Kala Kini mengajak perempuan Indonesia untuk mengeksplorasi makna kebaya yang tidak hanya mengekspresikan keindahan, namun juga menampilkan ketangguhan dan kelembutan perempuan Indonesia. Kebaya merupakan identitas bangsa Indonesia, mampu mempersatukan seluruh kelas sosial dan melintasi batas-batas wilayah yang tersebar di seluruh nusantara.

Film ini bisa disaksikan melalui YouTube Indonesia Kaya mulai 24 Juli 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *