Jangan Asal Main Salip Kendaraan saat Kendarai Motor, Perhatikan Hal-hal Ini

JAKARTA, VIVA – Saat berkendara di jalan raya, terkadang kita terdesak waktu dan terpaksa menyalip atau menyalip kendaraan lain. Namun kita harus ingat bahwa kita harus memperhatikan banyak hal di sekitar kita.

Mengendarai sepeda motor pada jam sibuk bisa melelahkan baik secara fisik maupun mental. Hal ini terkadang menimbulkan pertengkaran antar pengguna jalan bahkan kecelakaan fatal.

Promosi safe riding, PT Wahana Makmur Sejati (WMS), menghimbau agar para pesepeda bersabar dalam segala kondisi. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat menyalip kendaraan, baik dari segi teknis maupun non teknis.

Faktor Teknis 1. Pastikan menggunakan lampu sein saat melintas, penanda bagi pengemudi yang berada tepat di belakang Anda. Jangan langsung memotong saluran, hal ini tidak boleh dilakukan karena berbahaya.

2. Saat hendak menyalip kendaraan di depan, periksalah kondisi jalur. Jangan dipaksakan jika terlalu sempit, hal ini biasanya terjadi saat jalanan sedang ramai.

3. Jangan abaikan rambu lalu lintas Jika ingin menyalip kendaraan, lakukanlah di rambu lalu lintas berselang, bukan rambu lalu lintas terus menerus.

Faktor Non Teknis 1. Tidak pada saat kita sedang emosi, faktor emosional dapat mempengaruhi kondisi kita untuk menyalip kendaraan dengan tidak sabar dan sembarangan. Sebaiknya kondisi tenang agar proses menyalip kendaraan dapat dilakukan dengan aman.

2. Selalu berkonsentrasi saat berkendara, perhatikan keadaan sekitar di jalan. Pandangan Anda harus selalu melihat ke depan, sesekali berbelok ke kiri atau ke kanan dan melihat ke kaca spion agar fokus pada kendaraan di belakang Anda.

3. Pastikan kondisi fisik tidak lelah, terkadang pengemudi ingin buru-buru sampai tujuan karena kelelahan. Segera berhenti dan istirahat sejenak, karena posisi lelah dapat menyebabkan hilangnya konsentrasi saat berkendara.

Oleh karena itu, di jalan kosong atau lalu lintas padat, jangan menyalip siapa pun. Faktor teknis dan non teknis harus selalu diperhatikan. Hal-hal ini harus menjadi perhatian khususnya bagi pengguna sepeda motor, untuk menghindari berbagai hambatan dan kemungkinan buruk yang dapat terjadi. terjadi di jalan raya,” dikutip Agus Sani, Head of Safe Driving Promotion PT Wahana Makmur Sejati, Jumat 23, VIVA Otomotif. Agustus 2024.

Penting bagi pengendara sepeda motor untuk selalu menaati peraturan lalu lintas yang berlaku dan selalu memperhatikan penggunaan perlengkapan berkendara seperti helm, sarung tangan, jaket, dan membawa surat-surat berkendara.

“Tidak hanya faktor teknis dan non teknis saja yang perlu diperhatikan, dalam menggunakan sepeda motor ingatlah selalu untuk memperhatikan perlengkapan berkendara dari ujung kepala sampai ujung kaki, juga selalu membawa surat-surat berkendara dan memperhatikan peraturan yang berlaku. tandanya pasti akan meningkatkan #search_safe”, pungkas Agus Sani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *