5 Solusi Ampuh Hilangkan Bau Ketiak, Gak Cuma Rajin Mandi

JAKARTA, VIVA  – Bau ketiak merupakan masalah umum yang dialami banyak orang. Meski sering disangka berasal dari keringat, sebenarnya keringat sendiri memiliki bau.

Namun bau ketiak terjadi ketika keringat dari kelenjar apokrin bersentuhan dengan bakteri di kulit sehingga menimbulkan bau yang disebut dengan bau badan. Meskipun ada beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan bau ketiak dan memerlukan pengobatan, pada sebagian besar kasus, bau tersebut dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup sederhana.

Menurut Mayo Clinic, ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap bau badan. Ini termasuk tingkat stres yang tinggi, kebiasaan kebersihan pribadi, berat badan dan kebiasaan makan. Misalnya saja mengonsumsi makanan pedas dan mencium bau belerang seringkali menyebabkan pori-pori mengeluarkan bau tak sedap.

Namun sebenarnya, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi bau ketiak. Berikut lima solusi ampuh menghilangkan bau ketiak:

1. Cuci secara teratur

Sering mencuci akan membantu mengurangi jumlah bakteri pada kulit penyebab bau ketiak. Pastikan untuk membersihkan area ketiak dengan sabun antibakteri.

2. Cuci bulu ketiak Anda

Apakah bulu ketiak menyebabkan bau? Secara teknis tidak. Namun, bulu ketiak dapat memerangkap kelembapan dan menjadi tempat berkembang biak yang ideal bagi bakteri. Mencukur atau memangkas bulu ketiak dapat membuat antiperspiran lebih efektif, mengurangi keringat dan noda keringat pada pakaian.

3. Cuci pakaian Anda secara teratur

Pakaian yang dikenakan dalam jangka waktu lama dapat menyerap keringat dan bakteri sehingga dapat menyebabkan bau mulut. Cuci pakaian Anda secara teratur untuk mencegah bau badan.

4. Gunakan deodoran

Deodoran membantu mengurangi bau dengan membunuh bakteri dan menutupi bau ketiak. Untuk hasil terbaik, pilih deodoran yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Ubah gaya hidup dan pola makan Anda

Yang kurang penting adalah mengubah pola makan dan gaya hidup untuk melawan bau ketiak. Hindari makanan yang dapat menimbulkan bau seperti makanan pedas dan berbau menyengat, jaga kebersihan, kelola stres dengan baik, dan jaga kebersihan diri.

Kapan sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter?

Keringat dan bau badan merupakan masalah umum yang umum terjadi dan mudah diatasi. Namun, jika keringat berlebih dan bau ketiak mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, bisa jadi itu merupakan tanda bromhidrosis atau kondisi medis lainnya. Konsultasikan dengan dokter jika: – Anda mulai berkeringat di malam hari. – Anda mengalami peningkatan keringat yang tidak dapat dijelaskan. – Kamu berkeringat dingin. – Tubuh Anda mengeluarkan bau buah atau pemutih yang tidak biasa, yang mungkin merupakan tanda pertama dari penyakit seperti diabetes, masalah hati, atau penyakit ginjal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *