Cinta Tak Terhalang Agama: Sikap Terbuka Maia Estianty Jadi Sorotan

Jakarta, VIVA – Anak kedua Maya Estianti, El Rumi, ramai dibicarakan karena hubungannya dengan Sifa Hadju. Banyak warganet yang salut dengan perlakuan El Rumi terhadap Syifa Hodju. Berbeda 180 derajat dengan kelakuan Rizqi Nazar yang disebut-sebut sebagai bendera merah

El Rumi yang pernah dekat dengan Syifa Hadju sebelumnya sempat disebut-sebut dekat dengan Marsha Arouan dan Eka Aura. Kedua seniman besar itu diketahui punya keyakinan berbeda dengan El Rumi.

Al-Rumi adalah seorang mualaf, sedangkan Marsha Arwan dan Eka Aura beragama Kristen. Belakangan, El Rumi bertemu dengan Syifa Hodju yang menganut keyakinan yang sama. 

Dalam podcast bersama Atta Halilintar, Maya Estianti mengatakan tak masalah jika putranya punya pacar yang berbeda agama. Video diunggah oleh akun TikTok @obrolanpodcast.

“Apakah kamu ingin menganut agama yang sama?” tanya Atta.

“Tidak, kalau aku senggang ya,” jawab Maya Estianti pelan.

Komposer dan penyanyi, berdasarkan pengetahuan dan pemahamannya sendiri, ikut serta dalam perkumpulan keagamaan sebagaimana diperbolehkan oleh ajaran Islam. Maya berharap pendapatnya tidak menjadi perdebatan publik.

“Kemarin El dan orang yang sama tidak mempunyai syariat yang sama. Lalu mereka bertanya kepadaku, kamu tahu kalau ini beda agama, ini dan agama lain. Setahuku di ayat 5 Surah Al-Moida Islam boleh nikahi orang yang buku Maya.

“Jangan berdebat karena masing-masing orang punya pemahamannya masing-masing,” ujarnya.

Sumber: Instagram

Arti dari surat Ma’ida ayat 5 : “Pada hari ini dibolehkan bagimu segala makanan yang halal. Makanan (yang disembelih) Ahli Kitab itu halal bagimu dan halal pula bagi mereka. boleh kamu nikahi) wanita-wanita yang beriman dan wanita-wanita terhormat yang kepadanya kitab itu diberikan sebelum kamu, jika kamu memberikannya kepada mereka pada waktu mereka bertengkar, tetapi tidak dengan maksud untuk berzina, tetapi jangan menjadikan (mereka) pasangan yang haram ( wanita simpanan) yang tidak beriman setelah beriman, maka sia-sialah amal perbuatannya dan ia merugi di akhirat.

Maia Estianti menegaskan, anaknya laki-laki, artinya diperbolehkan memilih pasangan selain Islam. Merujuk pada ayat tersebut, ibu tiga anaknya ini pun mengamini bahwa ruh anaknya berbeda dengan syariat. 

Istri Irwan Mussri menanyakan kesiapan ketiga anaknya menjadi pemeluk agama berbeda. Tergantung bagaimana mereka (orang tua) akan mengasuh anaknya kelak. 

Ternyata anak-anak saya tidak ada yang siap, jadi mereka mengambil keputusan sendiri. Saya pribadi tidak punya masalah dengan bukti yang memungkinkan, kata Maia. 

Sementara itu, Syifa Hadju berhasil mencuri hati Maya Estianti. Pertemuan pertama Maya dan Syifa Hadju adalah saat perilisan film “Rossa”.  Maia Estianti juga diketahui dekat dengan pacar Dul Jaelani, Tissa Biani. Begitu pula dengan Al Ghazali yang kini tengah menjalin hubungan dengan Alyssa Daguise. 

Menurut pemberitaan VIVA, kesan pertama Maia Estianti terhadap Syifa Hadju sangat baik. Mantan istri Ahmed Dhani, Syifa, menilai Khodju adalah sosok yang ramah dan baik hati. Meski sukses dengan hubungan El Rumi dan Syifa, Maia Estianti meminta netizen tak berharap lebih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *