Asal Mula Nama Mulyono yang Disebut-sebut Nama Lahir Presiden Jokowi

Jakarta, VIVA – Nama Mulyono sedang menjadi trending topik di media sosial

Hal Mulyono ini kemudian menimbulkan pertanyaan mengapa nama tersebut digunakan untuk menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dari mana asal usul nama Mulyono yang disebut-sebut sebagai nama lahir Presiden?

Saat diwawancarai Presiden Joko Widodo dalam talkshow Point of View bersama Retno beberapa waktu lalu, Jokowi mengaku dulu pernah memiliki nama Mulyono.

“Iya itu,” kata Jokowi.

Jokowi kemudian menjelaskan, orang tuanya menamainya Mulyono saat ia lahir

Namun karena orang tua Jokowi saat kecil sering jatuh sakit, nama Mulyono pun diubah menjadi Joko Widodo atau Jokowi seperti yang kini disapa.

“Ini kasus mendiang ibu saya, ketika saya lahir dengan nama Mulyono, kemudian karena sakit namanya diganti menjadi Joko Widodo,” jelas Jokowi.

Jokowi tidak menjelaskan penyakit apa yang dideritanya semasa kecil, ia hanya menjelaskan penyakit yang biasa diderita anak-anak.

“(Sakit) itu wajar, kalau kita masih anak-anak, kemudian keluarga kita juga punya kebutuhan, jadi sakit itu wajar,” jelas Jokowi.

Keluarga Jokowi juga menyebut pergantian nama karena anak sering sakit merupakan hal yang lumrah terjadi di masyarakat Jawa.

Keluarga Jokowi menganggap nama Mulyono yang diberikan kepadanya sangat serius, dalam masyarakat Jawa nama Mulyono diberikan kepada anak laki-laki yang artinya Mulia atau Kemuliaan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *