Edukasi dan Kesadaran Publik Jadi Kunci Memilih Perawatan Kecantikan yang Aman

Jakarta, VIVA – Dalam setahun terakhir, sektor kecantikan di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Pada tahun 2023, pertumbuhan industri ini mencapai 21,9 persen. Pertumbuhan tersebut didukung oleh berbagai tren yang terus berkembang dan diperkuat dengan hadirnya beauty influencer melalui berbagai platform media sosial.

Nanang Masrani, M. Biomed (AAM), pendiri dan CEO Gloskin Aesthetic Clinic, memberikan pandangannya mengenai fenomena tersebut. Lanjutkan, oke?

“Sebagai dokter, kita mempunyai tanggung jawab untuk dapat memberikan edukasi dan memungkinkan pasien memilih pengobatan yang dapat mencerminkan karakteristik spesifiknya, tanpa mengubah tubuh secara signifikan. Selain itu, hubungan dua arah antara dokter dan pasien juga penting. sehingga rencana perawatannya “Dibuat sesuai kebutuhan pasien,” ujarnya pada talkshow “Tingkatkan kecantikan Anda dan jadilah autentik” yang diadakan Zuellig Pharma (ZP ) Therapeutics, Sabtu 24 Agustus 2024. 

Aktris sekaligus Anggota Komite VI DPR, Rieke Diah Pitaloka pun menceritakan pengalamannya selama menjadi pasien. Baginya, sikap yang baik penting untuk menjaga kepercayaan diri. 

“Ada banyak pertimbangan yang saya pikirkan saat memutuskan perawatan estetika.

Nanang berperan penting, beliau memberikan konsultasi dan konsultasi menyeluruh pada kedua belah pihak, sehingga saya dapat memutuskan pengobatan yang sesuai dengan kebutuhan saya. Hasilnya pasti sangat memuaskan, karena memang sesuai dengan kebutuhan saya, namun mereka juga aman dan tidak terlalu menyengat,” lanjutnya.

Ronald Yulianto, M.Biomed (AAM), pendiri Jakarta Derma Clinic (JDC), pun memberikan pandangannya mengenai pesatnya perubahan tren estetika saat ini. Menurutnya, inovasi-inovasi yang dihasilkan dari transformasi perawatan estetika ini berupaya memenuhi kebutuhan pasien yang juga terus berkembang seiring berjalannya waktu. 

Inovasi seolah-olah meningkatkan pengalaman pasien, sehingga bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Adanya media sosial dan teknologi informasi yang semakin berkembang membuat informasi mengenai inovasi produk pengobatan mudah didapat oleh siapa saja. .

Oleh karena itu, hal-hal yang berkaitan dengan pengobatan sering kali menyebarkan virus di masyarakat. Satu hal yang perlu diingat adalah ‘perubahan hilang pada waktu yang tepat’, virus kini langsung hilang. Pilih pengobatan yang sesuai. Anatomi wajah dan tubuh, dan “penggunaan produk asli terbukti aman dan efektif,” lanjutnya.

Model sekaligus humas Lenny Gracia pun berbagi pengalamannya dalam memilih perawatan kecantikan yang tepat. Baginya, pemilihan perawatan estetika tidak bisa dilakukan tanpa kehati-hatian. Ketika ia tertarik pada suatu pengobatan tertentu, ia berusaha mendapatkan informasi dari sumber terpercaya, misalnya berkonsultasi dengan Dr. Ronald langsung di tempat latihannya. 

“Bukan hal yang aneh jika menemukan perubahan kecantikan yang menarik ketika saya di media sosial atau pengalaman teman-teman yang pernah menjalani perawatan serupa. Namun, saya juga memahami bahwa perawatan estetika tidak dibuat untuk itu. Tidak mungkin. Oleh karena itu, saya akan memastikan semua informasi tersebut. Sekali lagi dengan dokter saya percaya, kalau dia menyarankannya kepada saya dan sesuai dengan kebutuhan saya, maka saya akan melakukannya,” ujarnya.

Aji Bayu Chandra, M.Biomed (AAM), menekankan pentingnya sertifikasi bagi dokter estetika. Pasalnya, dokter estetika harus dibekali dengan sertifikasi yang relevan untuk dapat melakukan prosedur pengobatan dengan mengutamakan standar etika yang berlaku. 

“Selain itu, kita juga diharapkan dapat memberikan edukasi kepada pasien dan calon pasien tentang metode pengobatan yang diinginkan. Di sisi lain, menjadi tugas pasien dan/atau calon pasien untuk bersikap penting dan berhati-hati terhadap penyakit tersebut. produk dan merek di pasar kecantikan saat ini Pastikan produk yang digunakan oleh pusat kesehatan dan dokter, terutama yang melakukan suntikan, memenuhi standar yang berlaku dan bersertifikat.

Chief Operating Officer ZP Therapeutics Indonesia, Ay Lie Widjaja, juga menambahkan, “Sebagai perusahaan yang terus memberikan inovasi pada industri kecantikan Indonesia, ZP Therapeutics juga bertanggung jawab untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai perawatan yang aman dan original, agar masyarakat melakukan hal yang sama. Jangan sampai salah dalam memilih,” ujarnya.

Untuk itu melalui konferensi pers ini ZP Therapeutics kembali meluncurkan program edukasi kecantikan ‘Step Up Your Beauty’ yang dapat dilihat di Instagram @StepUpYourBeauty. Diharapkan dengan situs ini dapat membantu masyarakat luas untuk mengenal hak estetika, perawatannya, serta mendapatkan informasi terkini dan benar,” lanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *