Motor Bebek Honda yang Lebih Irit dari BeAT, Konsumsi BBM 65 KM per Liter

VIVA – Sepeda motor low-mid-range keluaran Honda dikenal irit bahan bakar. Padahal, mereka baru saja merilis sepeda motor yang lebih irit dibandingkan Honda Beat Indonesia.

Sepeda ini adalah Honda XRM125 DS baru yang dirancang untuk menangani kondisi jalan yang berbeda. Memang tidak terlalu bertipe bebek, namun memasukkan elemen jalan raya, terutama pada bagian kaki-kaki.

Memiliki desain yang agresif, bentuk lampu dengan lampu bulbous terinspirasi dari CRF, panel instrumen berjenis digital baru, bodi dilapisi stiker baru yang sporty.

Di bagian depan, model suspensi teleskopik berbentuk triangulasi ke atas dan ke bawah seperti sepeda telanjang, serta dilengkapi setang telanjang dengan dimensi yang memperluas ruang hidup.

Ciri khas moped juga tak ketinggalan, terutama bodi belakang dan kaki-kaki bagian bawah. Di belakang jok terdapat bagasi yang memiliki banyak ruang untuk sepeda motor sekelasnya.

Dari segi dimensi, sepeda motor ini berukuran panjang 1.933 mm, lebar 833 mm, dan tinggi 1.049 mm. Jarak as roda depan dan belakang 1.239 mm, dan tinggi jok sepeda motor ini sangat tinggi yakni 775 mm.

Peleknya berjeruji 17 inci yang dibalut dua buah ban berdiameter 2,50, lalu pengereman belakangnya masih tromol seperti moped yang biasanya lebih murah, dan cakram di depan.

Berdasarkan laman Honda Filipina, New XRM125 DS tersedia dalam warna hitam seharga 76.900 ribu peso, versi dual sport Ross White dijual 75.400 ribu peso, dua warna kontras merah, hitam, dan biru dibanderol 71.900 ribu. peso

Jika dirupiahkan, harga termurah motor bebek jenis trail setara Rp 19,6 juta hingga Rp 21,05 juta. Artinya model terendahnya lebih murah dibandingkan Beat Deluxe Smart Key yang saat ini dijual Rp 19,8 jutaan.

Menariknya, pada bagian mesin depan, New XRM125 DS tetap mempertahankan mesin bensin 125cc SOHC berpendingin udara, tekanan ruang bakar 9,3 banding satu, dan sistem injeksi PGM-FI.

Output tenaga maksimum adalah 7,12 kW pada 7.500 rpm, dan torsi 9,55 Nm pada 6.500 rpm, meskipun volume silindernya lebih besar dari BAT, konsumsi bahan bakarnya irit, yaitu 65,4 kmpl berdasarkan pengujian internal sepeda motor mandiri berkapasitas 10 lakh orang adalah 60,6 km per liter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *