Liu Yung-Hua Juara Ciputra Golfpreneur Tournament 2024, Jonathan Wijono Raih Finis Terbaik

VIVA – Jonathan Wijono mencatatkan penampilan terbaik di BNI Ciputra Golfpreneur Championship.

Pada babak final di Lapangan Golf Damai Indah BSD pada Sabtu, 24 Agustus 2024, ia mencatatkan skor 666, enam under par, yang sekaligus menjadi skor terbaiknya pekan ini.

Pegolf yang akrab disapa Jowi ini menyelesaikan ajang Asian Development Tour dengan total skor 12 under 276 hingga finis di posisi T9. 

Dia memutuskan untuk mengambil pendekatan konservatif-agresif untuk mencetak tujuh birdie dan satu bogey.

Birdie pertama yang dibuatnya di hole ke-4 menginspirasinya untuk meningkatkan permainannya di turnamen setingkat Asian Development Tour.

Kesuksesannya akhir pekan ini melengkapi prestasi serupa pada edisi 2016, saat ia finis di urutan ke-43 sebagai pelari.

“Saya merasa sangat puas dengan hal ini, apalagi saya sangat bersyukur bisa finis di posisi tinggi ini (T9),” kata Jonathan Wijono, pegolf yang menjadi profesional pada tahun 2021.

Kesuksesannya saat ini tak lepas dari rencananya bermain konservatif-agresif di babak final. Bedanya, Jumat kemarin tidak banyak putt (birdie). “Hari ini lebih banyak orang,” kata Jonathan Wijono.

Sementara itu, atlet pro Ciputra Golfpreneur Foundation (CGF) sekaligus mahasiswa Harvard Jonathan Xavier Hartono berhasil meningkatkan performa terbaiknya dengan bermain under par selama empat ronde berturut-turut. Skor 2-under 70 sore ini membuatnya finis di posisi T15 dengan total 11-under 277.

“Saya merasa puas dengan permainan saya karena mampu mencetak banyak birdie. Dan yang membuat saya lebih bahagia adalah saya tidak membuat dua bogey pada minggu ini,” kata Jonathan Xavier Hartono, pegolf yang akrab disapa Jojo.

Menurutnya, sangat menyenangkan juga bisa bermain empat ronde pada pekan ini.

“Saya belum pernah bermain di bawah empat putaran sebelumnya. Saya hanya mampu bermain under satu kali di turnamen tiga putaran, dan itu juga di turnamen junior,” kata Jonathan Xavier Hartono.

Sementara dua atlet CGF lainnya, Kevin Caesario Akbar (70) dan Peter Gunawan (78) masing-masing menyelesaikan turnamen ini di posisi T38 dan T51. Sedangkan pegolf veteran Jamel Ondo finis T53.

Di sisi lain, Liu Yu-huang akhirnya menjadi juara Turnamen Golfpreneur BNI Ciputra 2024. Pegolf asal Taiwan itu berhasil mencatatkan sembilan birdie, termasuk dua hole terakhir, hingga menang dua pukulan atas Matthew Cheung. (68) dari Hong Kong dan Vanchai Luangnitikul (69) dari Thailand.

Liu merasa sangat gugup di hole terakhir karena pukulan keduanya berjarak 220 yard. Namun, ia memiliki strategi yang baik dan rutinitas yang baik.

“Saya melakukan banyak pukulan kedua dengan baik. “Saya juga bisa membaca jalur putt di green, jadi saya bisa membuat banyak birdie,” kata Liu.

Kesalahan yang dilakukan Vanchai dan Cheung di green ke-18 membuat Liu melakukan tiga putt untuk memastikan kemenangan. Meski tampak sedang menjalani proses pembuatan putt yang menghasilkan birdie, ia tetap mengaku sangat gugup.

“Ketika saya melakukan putt terakhir, saya pikir saya mendengar jantung saya berdetak. Saya akan merayakan kemenangan ini bersama tim dan keluarga saya,” kata Liu.

Dengan total 22 under par, Liu hanya terpaut satu pukulan dari rekor pemenang event terendah yang pernah ada yaitu 23 under par, yang dibuat oleh Yuvraj Singh Sandhu pada edisi 2023.

Kemenangan ini sekaligus memberinya hadiah sebesar US$24.500, sekaligus gelar internasional pertamanya. Gelar pekan ini juga menjadi gelar ketiganya setelah juga memenangi dua balapan di sirkuit kandang pada tahun ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *