Viral, Wisudawan UI Bentangkan Poster ‘Peringatan Darurat’ saat Wisuda

Depok, Wiwa – Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan wisuda tahun ajaran genap 2023/2024 pada Sabtu, 24 Agustus 2024. Namun wisuda hari ini punya suasana berbeda.

Foto beberapa wisudawan yang memegang plakat biru bergambar Garuda dengan tulisan “Peringatan Mendesak” menjadi viral. Belum diketahui apa niat para wisudawan memasang poster tersebut. Belum diketahui siapa saja wisudawan yang memajang poster tersebut.

Seperti diketahui, wisuda dibagi dalam dua sesi. yakni pada pukul 09.00 – 11.00 WIB dan sesi kedua pada pukul 14.30 – 15.30 WIB. Sedangkan pada Minggu tanggal 25 Agustus 2024, acara wisuda juga akan dibagi menjadi dua sesi yaitu pukul 09.00 – 11.00 WIB dan 14.30 – 15.30 WIB.

Terkait wisudawan yang memaparkan poster tersebut, Kepala Kantor Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI, Amelita Lucia mengatakan, hal itu merupakan bagian dari penyampaian pendapat. Sebab, setiap warga negara Indonesia berhak menyampaikan pendapat dan pandangan.

“Tentunya ada aturan yang harus kita patuhi, tata cara dan adab yang harus kita ikuti dan terapkan dalam menyampaikan pendapat,” ujarnya, Minggu, 25 Agustus 2024.

Amal, sapaan akrabnya, mengatakan mahasiswa UI adalah warga negara. Namun pada prinsipnya mereka mempunyai hak dan kewajiban yang sama. UI menghormati hak setiap warga negara untuk berpendapat dan menyampaikan pendapat.

“UI menghormati hak setiap warga negara untuk berpendapat dan menyampaikan pendapat sepanjang sesuai dengan prosedur dan tata krama yang berlaku,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor UI Prof. Dalam sambutannya hari ini, Ari Kunkoro menyampaikan total lulusan program pendidikan profesi hingga doktor sebanyak 9.074 orang. Pada program diploma terdapat 619 orang lulusan, 4.730 orang lulusan pascasarjana, 511 orang lulusan profesi, 385 orang lulusan spesialis 1 orang, 2.532 orang lulusan pascasarjana, 86 orang profesional 2 orang lulusan. lulusan dan 211 lulusan studi doktor.

“Tahun ini civitas akademika Universitas Indonesia telah banyak menorehkan prestasi baik di tingkat nasional maupun global. Universitas Indonesia tetap berkomitmen untuk menjadi institusi pendidikan tinggi yang inovatif, mandiri, inklusif dan bergengsi di tingkat Asia Tenggara. Hasil kerja keras tersebut juga dibuktikan dengan diperolehnya penghargaan dalam QS World Ranking University Rankings. “Tahun ini UI menduduki peringkat 206 dunia. UI juga bisa tetap menjadi nomor satu di Indonesia menurut Asia University Rankings 2024,” ungkapnya. .

UI memiliki sumber daya manusia yang mengabdikan karya dan keterampilannya untuk bangsa dan negara. Beberapa dari mereka saat ini adalah lulusan terbaik dari studi sarjana hingga doktoral. Rektor berpesan kepada para wisudawan untuk menjadi teladan bagi mahasiswa masa depan.

“Banggalah UI karena sumbangsih keilmuan kalian ada di sini, kalian menjadi teladan bagi mahasiswa masa depan, dan duta UI berterima kasih atas karya inovatif kalian yang mampu menjawab permasalahan banyak orang,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *